Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setiap Hari, Satu Orang Tewas Karena Kecelakaan di Kalteng

Kompas.com - 13/09/2012, 21:27 WIB
Dwi Bayu Radius

Penulis

   

PALANGKARAYA, KOMPAS.com-  Angka korban tewas akibat kecelakaan lalu lintas di Kalimantan Tengah pada tahun 2012 hingga Agustus sangat tinggi. Selain jumlah itu sudah melampaui tahun 2011, tingginya angka korban tewas ditunjukkan dengan rata-rata satu orang meninggal setiap hari karena kecelakaan.

Menurut Kepala Biro Operasi Kepolisian Daerah Kalteng Komisaris Besar Slamet Rahardjo di Palangkaraya, Kalteng, Kamis (13/9/2012), pada tahun 2011, terjadi 715 kecelakaan. Jumlah itu sudah terlampaui sebesar 18 persen pada Agustus 2012 sebanyak 846 kecelakaan.

Demikian pula dengan jumlah korban tewas hingga Agustus 2012 sebanyak 243 orang yang sudah melebihi tahun 2011 sebanyak 211 orang. "Kalau Januari hingga Agustus, ada sekitar 240 hari, bisa dikatakan satu orang meninggal setiap hari karena kecelakaan lalu lintas," kata Slamet.

Gubernur Kalteng Agustin Teras Narang menjelaskan, angka kecelakaan di Kalteng yang tinggi bisa dipahami. Selain banyak jalan dibangun, sepeda motor yang dikredit juga sudah bisa dibawa dengan uang muka sebesar Rp 500.000 saja. Akan tetapi, kesadaran berlalu lintas yang baik masih sangat rendah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com