Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukung Foke-Nara, Eks Timses Faisal Dianggap Galau

Kompas.com - 14/09/2012, 08:57 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Klaim dukungan eks tim sukses Faisal Basri kepada calon gubernur dan calon wakil gubernur tertentu dianggap dilakukan oleh pihak yang sedang galau. Manuver klaim tersebut dianggap tidak memiliki pengetahuan atas garis perjuangan masyarakat independen melawan oligarki partai politik.

"Keinginan pribadi eks tim Faisal-Biem yang sedang galau dan butuh eksistensi masuk dalam mendukung Foke-Nara di putaran kedua adalah perilaku yang tidak mengerti garis perjuangan masyarakat independen untuk memperbaiki Jakarta dan melawan oligarki ditubuh parpol," ujar Rainhard Parapat, mantan ketua tim advokasi pasangan Faisal-Biem, dalam siaran persnya, Jumat (14/9/2012).

Rainhard menambahkan, klaim dukungan tersebut dilakukan oleh segelintir mantan anggota tim pemenangan sendiri ketika pilkada putaran pertama. Klaim tersebut ditegaskannya tidak mewakili tim pemenangan Faisal-Biem dan organisasi pendukung lainnya.

Munculnya klaim dukungan tersebut pun sangat disayangkan pihaknya. "Tindakan mereka sebagai orang yang pernah terlibat di tim Faisal-Biem pada putaran pertama telah mencederai nilai perjuangan yang telah dikumandangkan tim selama ini," sesalnya.

Menurutnya, tim Faisal-Biem sebagai salah satu basis organisaasi melalui jalur independen tetap konsisten memberikan kebebasan kepada para pendukung. Dikatakannya, Faisal dan Biem memercayakan setiap pendukung untuk senyaman-nyamannya menggunakan hak pilihnya pada putaran kedua yang dihelat 20 September 2012 mendatang.

Rainhard pun mengimbau kepada semua orang yang pernah tergabung dalam Tim Pemenangan Faisal-Biem agar tetap solid dan saling berkoordinasi. Selain itu, ia juga mengimbau agar tim tidak terpancing atas sikap serta usaha para petualang politik demi keuntungan sesaat.

Pernyataan Rainhard ini diungkapkan setelah secara mengejutkan tersiar undangan bahwa tim Faisal Basri, yang kerap melontarkan kritik kepada Pemprov DKI Jakarta, mendeklarasikan dukungannya kepada pasangan nomor urut satu.

Deklarasi tersebut tercantum dalam agenda yang dikeluarkan oleh Tim Media Center Foke-Nara. Berikut saduran undangan tersebut: "Deklarasi Tim Sukses dan Pendukung Faisal Basri - Biem Benyamin kpd Pasangan Fauzi Bowo - Nachrowi Ramli, di Posko Faisal-Biem Jl Kramat Jaya Baru, Blok D-2 No.37 Johar Baru Jakpus."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com