Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Sasar Kantong Suara Foke di Menteng Dalam

Kompas.com - 14/09/2012, 14:23 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Kehadiran calon Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo di RW 04 Menteng Dalam, Jakarta Pusat, terbilang tak biasanya. Pasalnya, Jokowi hadir di lingkungan perumahan warga kelas menengah. Padahal, selama ini pria asal Solo itu kerap berkampanye di kawasan permukiman kumuh ataupun pasar tradisional.

Terkait pemilihan lokasi kampanyenya ini, Jokowi mengaku kini timnya tengah menyasar kantong-kantong suara yang pada pemilihan putaran pertama lalu Jokowi-Basuki kalah.

"Ya kita memang pergi ke tempat-tempat yang kami agak kalah. Kalahnya tipis," kata Jokowi, Jumat (14/9/2012), di RW 04 Menteng Dalam, Jakarta Pusat.

Di sekitar lokasi kampanye Jokowi di Menteng Dalam, pemandangan didominasi dengan atribut pasangan calon Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli. Atribut dukungan terhadap Foke-Nara itu ada dalam bentuk spanduk dan stiker yang ditempel di rumah-rumah.

Lebih dari lima buah spanduk dukungan terhadap Fauzi Bowo yang dibuat Solidaritas Warga Jakarta terbentang di Jalan Raya Prof Dr Soetomo, yang jaraknya hanya sekitar 300 meter dari lokasi kampanye Jokowi. Sementara spanduk Jokowi tampak hanya ada tiga buah di sekitar lokasi kampanye.

Warga Menteng Dalam pun mengakui bahwa warga di kompleknya mayoritas memilih pasangan calon Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli. Hal ini diutarakan Ifa, warga RT 02 RW 04 Menteng Dalam.

"Di sini kebanyakan Foke. Tapi, sekarang kayaknya udah banyak yang mau pindah ke Jokowi," ujar Ifa, seorang warga Menteng Dalam.

Sementara seorang ibu penjaga warung di dekat lokasi kampanye Jokowi mengaku tak berminat ikut keramaian yang terjadi di perumahannya karena kedatangan Jokowi.

"Nggak Mbak, saya dukungnya yang lain. Di sini memang yang paling banyak Foke, kedua baru Jokowi," ujar wanita bertubuh subur ini.

Siang itu, Jokowi berkeliling menyalami warga. Dia pun melakukan shalat Jumat di Masjid Ar-Ridwan. Kepada wartawan, Jokowi mengaku menyiapkan kejutan di putaran kedua ini.

"Ini (kunjungan ke Menteng Dalam) adalah salah satu prosesnya. Kejutannya nanti di tanggal 20 September," kata Jokowi sambil tersenyum lebar.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com