Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nachrowi: Koalisi Rakyat Wajib Hukumnya, Tapi...

Kompas.com - 14/09/2012, 16:47 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon wakil gubernur DKI Jakarta, Nachrowi Ramli, mengatakan pentingnya koalisi rakyat untuk membangun sebuah pemerintahan. Namun, di samping itu, ia juga mengatakan pentingnya koalisi partai dan organisasi masyarakat.

Hal itu ia sampaikan dalam kampanye hari pertama jelang putaran kedua pemilihan kepala daerah (Pilkada) DKI Jakarta putaran di Jalan Waru, Gedong, Jakarta Timur, Jumat (14/9/2012). "Saya bersyukur kita sudah pendekatan dengan parpol, pendekatan dengan ormas, pendekatan dengan relawan, komunitas dari semua suku agama. Kita dekati semua. Di situlah poinnya, di situlah kita kulo nuwun, diterima, baru kita masuk ke rakyat. Koalisi dengan rakyat wajib hukumnya, tapi ada etika harus ketok pintu dulu ke partai politik atau ke organisasinya," kata Nachrowi.

Oleh karena itu, Nachrowi optimistis dapat memenangi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta putaran kedua dengan kebersamaan yang telah dibinanya itu. Ia juga menekankan pentingnya warga bersatu untuk Jakarta. Menurutnya, strategi pasangan calon Foke-Nara sudah berjalan sesuai prosedur, di mana ia dan calon gubernur pasangannya Fauzi Bowo merangkul aspirasi masyarakat melalui organisasi yang mewakilinya.

Selain menyoroti masalah keamanan, Nachrowi juga mengedepankan kesejahteraan rakyat supaya kehidupan warga jauh lebih baik. "Bicara kesejahteraan, saya selalu pecah: sejahtera lahir dan sejahtera batin. Tolok ukurnya jelas. Sejahtera lahir sandang, pangan, papan. Sementara itu, sejahtera batin yang jadi concern saya, rasa aman. Aman untuk berhukum, berserikat, aman untuk menyampaikan aspirasi, aman juga untuk kegiatan-kegiatan sosial, aman melepas anak-anaknya bergaul dengan siapapun, rasa aman itu hrs diciptakan dengan baik," ujarnya.

Setelah berkampanye di Jakarta Timur, Nachrowi memenuhi panggilan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) DKI Jakarta untuk memberikan klarifikasi terkait pernyataannya di acara Lebaran Betawi, Jakarta Utara. Setelah mendatangi Panwaslu, ia dijadwalkan bersilaturahim dengan warga di Hotel Nirwana, Jakarta Timur, dan menghadiri halalbihalal di Twin Plaza, Jakarta Barat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com