Jokowi Akan Fokus Soal Transparansi APBD di Debat Cagub

Kompas.com - 14/09/2012, 18:22 WIB
|
EditorBenny N Joewono

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi), mengatakan tidak ada persiapan khusus yang dilakukannya dalam debat kandidat Gubernur nanti malam yang akan dilakukan di Hotel Grand Melia, Kuningan, Jakarta.

Namun, Jokowi mengaku dirinya akan fokus membahas soal Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta yang dinilainya tidak transparan.

"Iya, salah satunya APBD. Ada buanyak yang akan dibahas," ungkap Jokowi, Jumat (14/9/2012) sore, saat berkunjung ke Kota Bambu Selatan, Kecamapatan Palmerah, Jakarta Barat.

Persoalan APBD yang akan dikritisinya, lanjut Jokowi, adalah terkait dengan nilai keterbukaan informasi, sasaran anggaran yang tidak tepat sehingga menyebabkan pemborosan, dan dugaan korupsi anggaran sampai 46 persen yang dirilis Pusat Pelaporan dan Analisa Transaksi Keuangan (PPATK) beberapa waktu lalu.

"Persoalan-persoalan ini yang akan kami carikan solusi-solusinya. Nanti malam kami sampaikan," kata Jokowi.

Sebelumnya di dalam setiap kesempatan, Jokowi kerap menyinggung soal APBD DKI Jakarta yang tidak digunakan secara maksimal untuk pembangunan Ibu Kota dan kesejahteraan warga.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pun dinilainya sangat tertutup membuka akses warga atas anggaran pemda.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berdasarkan survei yang dilakukan Indonesia Corruption Watch (ICW), sebanyak 90 persen warga Ibu Kota mengaku tidak pernah melihat anggara pemda.

PPATK juga menyebut DKI Jakarta sebagai provinsi paling korup di Indonesia yang selanjutnya langsung dibantah oleh Pemprov DKI Jakarta.

Jokowi memastikan bahwa jika nanti dirinya terpilih, maka APBD ibu kota akan dipampang di tiap kantor hansip. Hal tersebut sudah dilakukannya di Solo, Jawa Tengah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.