Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Sambut Kampanye Putaran Kedua

Kompas.com - 15/09/2012, 01:50 WIB

Jakarta, Kompas - Warga Jakarta sejak Jumat (14/9) kembali disapa kedua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang berkampanye dalam pemilihan umum kepala daerah putaran kedua. Sebagian menyambut dengan sukacita, menyalami kandidat, menanyakan program, dan mendoakan agar calonnya terpilih menjadi gubernur.

Di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, seusai shalat Jumat, warga menyambut kehadiran Fauzi Bowo di Masjid Al Azhar. Calon gubernur nomor urut 1 ini menyalami warga. ”Mohon doanya, Bu,” kata Fauzi.

Beberapa siswa sekolah juga mendekati Fauzi. Mereka menunjukkan poster dukungannya kepada doktor lulusan Universitat Kaiserslautern, Jerman, itu.

Sementara itu, di Pasar Manggis, Setiabudi, Jakarta Selatan, calon gubernur Joko Widodo (Jokowi) berdialog dengan pedagang. Para pedagang menyampaikan keluhan mengenai ketidakstabilan harga pangan dan ancaman pasar modern.

”Tolong, Pak, jika jadi pemimpin, harga pangan harus stabil agar kami pedagang dan pembeli tidak bingung dan resah,” kata Sunarto, pedagang sayur dan buah di Pasar Manggis.

Di permukiman padat dekat Pasar Manggis, warga berharap Jokowi bisa membenahi lingkungan. Septic tank dan jaringan saluran air perlu dibangun dan ditata kembali. Di permukiman padat juga perlu ada ruang publik dan sarana pemadam kebakaran yang efektif.

Pedagang kaki lima di Taman Puring, Jakarta Selatan, berharap agar selama masa kampanye tidak ada keributan. ”Kalau kumpul-kumpul, terserahlah asal jangan ribut-ribut. Jangan sampai usaha kami terganggu,” kata Wiyata, seorang pedagang.

Beberapa pedagang di Taman Puring dan Pasar Kebayoran Lama mengaku senang jika ada calon gubernur-wakil gubernur mampir ke tempat mereka.

”Calon-calon itu biasanya jadi suka mendengarkan kami. Kapan lagi orang kecil didengerin. Hitung-hitung curhat,” kata Isah, pedagang sayur di Kebayoran Lama. Wiyata menambahkan, akan lebih baik jika program gubernur pada periode 2012-2017 bisa lebih menyentuh rakyat kecil.

(NEL/BRO/WIN/MDN/NDY)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com