Kompas.com - 16/09/2012, 07:02 WIB
|
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

JAKARTA, KOMPAS.com - Kampanye Pilkada DKI Jakarta putaran kedua semakin ketat karena semakin mengerucutnya persaingan antara dua pasang calon, Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli dan Jokowi-Basuki. Media promosi seperti iklan, baliho, spanduk, poster atau pun banner biasanya menjadi salah satu alat peraga yang menghiasi masa kampanye.

Namun, meski masa kampanye sudah dilakukan, alat peraga pasangan calon Jokowi-Basuki terbilang minim. Tidak ada baliho di papan reklame raksasa yang terpasang. Spanduk-spanduk dukungan pun hanya tersebar di beberapa titik. Satu-satunya alat peraga yang terlihat mencolok hanya mobil dengan rolling banner bergambar tubuh manusia mengenakan pakaian kotak-kotak dan pesan ajakan untuk memilih tanggal 20 September mendatang.

Ada apa gerangan? Jokowi mengaku bahwa timnya memang sama sekali tidak membuat alat-alat peraga seperti yang terjadi pada putaran pertama lalu. "Saya tidak pasang spanduk, tidak ada pasang banner. Soalnya ngirit, nggak punya duit. Ha-ha-ha," seloroh Jokowi, Sabtu (15/9/2012), saat berkunjung di kawasan Cililitan, Jakarta Timur.

Menurut Jokowi, kalau pun ada yang memasang alat peraga dalam bentuk apa pun, itu bukanlah instruksi darinya. "Kalau pun ada spanduknya, biasanya kami diturunkan," ujar Jokowi.

Hal berbeda justru terjadi pada pasangan calon Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli. Menjelang masa kampanye tahap kedua dilakukan, di sejumlah lokasi strategis di pinggir jalan Ibukota sudah mulai terpampang spanduk dukungan kepada sang Gubernur yang berbunyi "Terima Kasih Pak Gubernur".

Kendati minim akan alat peraga, Jokowi mengaku dirinya tetap optimistis bisa memenangi Pilkada kali ini. "Kejutannya lihat saja nanti ada pada tanggal 20 September," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.