Kompas.com - 16/09/2012, 09:57 WIB
Penulis Sandro Gatra
|
EditorHeru Margianto

JAKARTA, KOMPAS.com - Kampanye atraktif digelar tim sukses pasangan Joko Widodo (Jokowi)-Basuki Tjahja Purnama di hari terakhir kampanye putaran kedua Pilkada di Jakarta, Minggu ( 16/9/2012 ) pagi. Mereka menggelar flash mob di sekitar Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta.

Pengamatan Kompas.com, ribuan pendukung Jokowi-Basuki berbaju kotak-kotak telah berkerumum di depan Plaza Indonesia sejak pukul 07.00 WIB. Ketika Jokowi-Basuki datang dengan menggowes sepeda, flash mob dimulai.

Awalnya, beberapa orang menari mengikuti lagu "Jokowi dan Basuki" yang merupakan plesetan dari lagu milik One Direction berjudul What Makes You Beautiful. Beberapa alat pengeras suara dipasang di trotoar jalan.

Lagu yang juga dibuatkan video klipnya itu sudah diunggah di Youtube sejak Agustus lalu. Lirik lagu itu penuh dengan kritikan kondisi di Jakarta seperti kemacetan parah, antrean panjang di kelurahan, pungutan liar dari petugas kelurahan agar permohonan kartu tanda penduduk cepat selesai. Di akhir video, aktor yang berperan langsung membuka baju mereka dan berganti baju kotak-kotak ala Jokowi-Ahok.

Video itu lalu diikuti oleh ribuan pendukung Jokowi-Basuki yang berbaris di depan Plaza Indonesia. Ketika lirik "Ku mau Mas Jokowi dan Basuki", mereka lalu membuka jaket dan melempar ke atas. Kini, mereka mengenakan baju kotak-kotak.

Jokowi-Basuki yang berada di tengah kerumunan langsung ikut melompat-lompat bersama pengunjungnya mengikuti lantunan lagu. Tentunya, sambil mengangkat kedua tangan memberi salam tiga jari (metal). Seperti diketahui, pasangan Jokowi-Ahok mendapat nomor tiga dalam lembar surat suara.

Flash mob itu menarik perhatian ribuan warga Jakarta lain yang tengah berolahraga di sekitar HI. Saat itu, tengah digelar car free day. Mereka ikut berkerumum di sekitar pendukung Jokowi-Basuki. Ada pula yang mengamati dari atas jembatan penyebrangan.

Setelah itu, Jokowi-Ahok memberi kesempatan para pendukungnya untuk bersalaman atau sekadar berfoto. Keduanya sempat beristirahat sebentar dan melayani pertanyaan wartawan di halaman Plaza Indonesia sebelum melanjutkan agenda kampanye di tempat lain.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.