Kompas.com - 16/09/2012, 10:15 WIB
Penulis Imanuel More
|
EditorHeru Margianto

JAKARTA, KOMPAS.com - Kedua pasangan calon gubernur-wakil gubernur DKI Jakarta sama-sama memanfaatkan aturan hari bebas kendaraan bermotor (car free day) di Jalan Thamrin dan Jalan Sudirman untuk mengisi hari ketiga kampanye. Kedua kubu saling unjuk kebolehan dan daya tarik di lokasi sekitar Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, Minggu (16/9/2012).

Uniknya, kedua kubu yang sedang bersaing ini juga memilih lokasi yang berseberangan. Kubu Foke-Nara memilih lokasi di depan Pos Polisi Bundaran HI, sedangkan kubu penantangnya berada di halaman depan dan trotoar sekitar Plaza Indonesia dan Hotel Indonesia Kempinski. Di tengahnya, di lokasi air mancur Bundaran HI berdiri Ramdansyah, Ketua Panwaslu DKI Jakarta, dan jajarannya.

Kehadiran mereka bukan saja untuk melakungan pengawasan kampanye. Bersama relawan pemantau Penghitungan Suara TPS yang tergabung dalam Forum e-Demokrasi (FeD) Jakarta, mereka mengajak warga untuk berpartisipasi dalam pemantauan Pilkada Jakarta.

Situasi unik itu bertambah ramai karena masing-masing kelompok datang dengan massa pendukung berjumlah besar. Jokowi-Ahok yang tiba di depan Plaza Indonesia dengan bersepeda langsung disuguhi flash mob (tarian massal) pendukungnya. Tarian kompak diperagakan bersama ribuan pendukung mereka dengan diiringi Jingle Jakarta Baru.

Acara kubu Foke-Nara lebih mengarah ke karnaval kecil di jalur car free day. Parade kemudian berkumpul di depan Pospol Bundaran HI untuk menikmati hiburan musik.

"Kami yakin semuanya akan berlangsung aman, tanpa pelanggaran. Masing-masing kubu terlihat tertib dan tidak saling mengganggu," kata Ramdansyah kepada wartawan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.