Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Janji Perbanyak Jalur Sepeda

Kompas.com - 16/09/2012, 10:41 WIB
Sandro Gatra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi menilai jalur sepeda di Jakarta jauh dari ideal. Jika terpilih nanti di pemungutan suara putaran kedua pada 20 September 2012 , Jokowi berjanji akan memperbanyak jalur sepeda di ibukota.

"Jauh dari cukup," kata Jokowi disela-sela agenda kampanye di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu ( 16/9/2012 ) pagi, ketika ditanya tentang kondisi jalur sepeda di Jakarta.

Awalnya, Jokowi didampingi pasangannya, Basuki Tjahaja Purnama mengayuh sepeda menuju HI. Lantaran banyak warga yang mengerumuni keduanya sepanjang jalan, terpaksa mereka lebih banyak berjalan kaki hingga HI.

Jokowi mengatakan, kunci untuk menambah jalur sepeda di Jakarta terletak pada pembenahan transportasi umum massal terlebih dulu. Jika tidak, menurut dia, akan percuma membangun jalur sepeda. Sepeda motor akan memasuki jalur sepeda seperti yang terjadi di jalur Taman Ayodia-Melawai, Jakarta Selatan.

"Kalau nanti transportasi massal umum selesai, baru bisa. Bikin jalur sepeda di dekat trotoar," kata pria yang mengaku kerap berolahraga lari dan bersepeda di Solo itu.

Kota Sehat

Jokowi juga berjanji akan menjadikan Jakarta menjadi kota sehat. Menurut dia, kota sehat itu harus memiliki banyak trotoar, ruang terbuka hijau, ruang publik. Sekarang ini, kata dia, fasilitas itu masih jauh dari cukup.

Dikatakan Jokowi, Pemprov DKI Jakarta memiliki banyak tanah yang dapat dijadikan ruang terbuka hijau atau ruang publik. "Kalau kurang, beli. Duitnya banyak kok," pungkas Jokowi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com