Kompas.com - 16/09/2012, 10:41 WIB
Penulis Sandro Gatra
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi menilai jalur sepeda di Jakarta jauh dari ideal. Jika terpilih nanti di pemungutan suara putaran kedua pada 20 September 2012 , Jokowi berjanji akan memperbanyak jalur sepeda di ibukota.

"Jauh dari cukup," kata Jokowi disela-sela agenda kampanye di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu ( 16/9/2012 ) pagi, ketika ditanya tentang kondisi jalur sepeda di Jakarta.

Awalnya, Jokowi didampingi pasangannya, Basuki Tjahaja Purnama mengayuh sepeda menuju HI. Lantaran banyak warga yang mengerumuni keduanya sepanjang jalan, terpaksa mereka lebih banyak berjalan kaki hingga HI.

Jokowi mengatakan, kunci untuk menambah jalur sepeda di Jakarta terletak pada pembenahan transportasi umum massal terlebih dulu. Jika tidak, menurut dia, akan percuma membangun jalur sepeda. Sepeda motor akan memasuki jalur sepeda seperti yang terjadi di jalur Taman Ayodia-Melawai, Jakarta Selatan.

"Kalau nanti transportasi massal umum selesai, baru bisa. Bikin jalur sepeda di dekat trotoar," kata pria yang mengaku kerap berolahraga lari dan bersepeda di Solo itu.

Kota Sehat

Jokowi juga berjanji akan menjadikan Jakarta menjadi kota sehat. Menurut dia, kota sehat itu harus memiliki banyak trotoar, ruang terbuka hijau, ruang publik. Sekarang ini, kata dia, fasilitas itu masih jauh dari cukup.

Dikatakan Jokowi, Pemprov DKI Jakarta memiliki banyak tanah yang dapat dijadikan ruang terbuka hijau atau ruang publik. "Kalau kurang, beli. Duitnya banyak kok," pungkas Jokowi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.