Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Masak Saya di Solo Seumur Hidup

Kompas.com - 17/09/2012, 07:51 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat debat kandidat pasangan calon Gubernur DKI Jakarta, Minggu (16/9/2012) malam, calon petahana Fauzi Bowo memberikan pertanyaan kepada pesaingnya, Joko Widodo.

Pria yang akrab disapa Foke itu memberikan pertanyaan bagaimana konflik batin Jokowi saat mengatakan warga Jakarta dan Solo menjadi yang terpenting saat ini.

"Sebetulnya semua itu masalah aturan dan undang-undang. Kalau aturan tidak membolehkan untuk menjadi Gubernur, ya saya tidak akan mau dicalonkan dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Karena Undang Undang membolehkan, jadi saya kesini," jawab Jokowi.

Pernyataan Jokowi itupun disanggah Foke. Menurut mantan wakil gubernur itu menurutnya jawaban Jokowi tidak menjawab dirinya.

"Pilkada itu proses demokrasi, undang-undang membolehkan kok, masak saya di Solo terus seumur hidup," tegas Jokowi.

Ia pun memberikan contoh seorang menteri yang baru setahun menjadi Gubernur, kemudian diangkat menjadi Menteri.

"Permasalahannya aturan berdemokrasi. Aturan membolehkan ya kita ikuti aturan itu. Jika tidak membolehkan, ya saya tidak akan dicalonkan disini (Jakarta)," tukas Jokowi.

Sementara itu saat Jokowi diberi kesempatan bertanya kepada Foke, Jokowi memberikan pertanyaan mengenai segala permasalahan selama ini yang ada di Jakarta, apakah dirinya atau Foke yang beretorika.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com