Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masa Tenang, Spanduk Foke Bertebaran di Jakut

Kompas.com - 17/09/2012, 14:41 WIB
Galih Prasetyo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah masa kampanye Pilkada DKI Putaran kedua berakhir, maka proses pilkada kini memasuki tahap hari tenang yang dimulai pada Senin (17/9/2012). 

Di masa tenang ini para cagub-cawagub termasuk tim sukses dilarang keras melakukan kampanye dalam bentuk apapun hingga masa pemungutan suara berakhir..

Namun nyatanya masih saja ditemukan spanduk-spanduk dukungan dan sejenisnya di jalan-jalan misalnya di wilayah Jakarta Utara.

Pada Senin dini hari, dilakukan penurunan spanduk-spanduk kampanye atau yang mengarahkan dukungan terhadap Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo yang mencalonkan diri kembali di periode berikutnya.

Ketua Panwaslu Pilkada Kecamatan Cilincing, Suparba mengatakan anggota Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) melakukan penurunan spanduk-spanduk Foke yang berada di Jalur-jalur protokol kawasan Cilincing, seperti Jalan Sungai landak, Ring Road Marunda, hingga Rorotan.

Penyisiran spanduk yang dilakukan mulai pukul tengah malam hingga pukul 02:30 WIB tersebut berhasil menurunkan 52 spanduk dan 17 banner.

Ukuran spanduk seragam sepanjang kurang lebih 4 meter dengan tinggi 1/2 meter dengan model yang sama.

Spanduk itu memuat teks, "Terima Kasih Pak Gubernur!", Kami Percaya, Kami Dukung, Teruskan !.

"Dini hari kita melakukan penurunan atau penyisiran spanduk bernuansa kampaye yang berada di Kecamatan Cilincing. Semuanya spanduk kandidat nomor satu. Sementara empat kecamatan, di Jakarta Utara lainnya dilakukan siang ini," kata Suparba di kantor Panwaslu Jakarta Utara.

Sementara, anggota Divisi Pengawasan Panwaslu Jakarta Utara, Arif Budianto mengatakan akan menindak pihak-pihak yang melakukan kampanye terselubung, terlebih lagi bagi mereka yang terdaftar anggota tim kampanye pasangan tertentu.

Mengenai spanduk dukungan untuk kandidat gubernur, Arif mengakui dia  merasa kesulitan untuk menindaknya. Apalagi spanduk bernuansa kampanye tersebut dipasang simpatisan kandidat gubernur tertentu.

"Kita terus melakukan pemantauan, bersama tim di lapangan. Apakah menjadi pelanggaran atau tidak? Kita akan turun ke lapangan. Tetapi memang kita agak kesulitan menindak spanduk-spanduk yang dipasang simpatisan. Namun, apabila ditemukan demikian akan diberi peringatan," ujar Arif.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, di sepanjang Jalan Yos Sudarso masih terlihat spanduk bergambarkan Fauzi Bowo atau biasa dipanggil Foke.

Begitu juga di daerah Rawa Badak Utara. Spanduk yang sama bertuliskan," Terima Kasih Pak Gubernur, Kami Percaya, Kami Dulung, Teruskan!" masih terlihat kokoh terpasang.(C11-12) Galih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com