Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demonstran Bubar, Jalan Medan Merdeka Selatan Dibuka

Kompas.com - 17/09/2012, 18:17 WIB
Adri Prima

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah bentrok dengan polisi di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat, massa dari Forum Umat Islam akhirnya membubarkan diri. Jalan Medan Merdeka Selatan yang tadinya ditutup sudah kembali dibuka.

Massa yang merupakan gabungan dari Taruna Muslim, Laskar Pembela Islam (LPI), Gabungan Relawan Islam, Gerakan Reformis Islam (Garis), Front Pembela Islam (FPI), dan Ansharut Tauhid berangsur-angsur membubarkan diri mulai pukul 17.30 WIB. Kondisi jalan yang semrawut pun terlihat.

Di depan Balaikota Jakarta tampak terlihat pot-pot bunga yang pecah karena dihancurkan. Jalanan tampak dipenuhi kayu dan batu yang bertebaran.

Kendaraan pun sudah bisa melintas di jalan tersebut. Namun polisi masih terlihat berjaga-jaga di depan Kedubes AS.

Diberitakan sebelumnya, aksi unjuk rasa yang digelar FUI di depan Kantor Kedubes AS berlangsung rusuh. Pihak kepolisian sempat menggunakan water cannon serta menembakkan gas air mata.

Aksi unjuk rasa yang berujung bentrok ini dilatarbelakangi peredaran film Innocence of Muslims yang dianggap melecehkan dan menghina Nabi Muhammad SAW. FUI menuntut penangkapan dan hukuman mati terhadap sutradara dan produser film tersebut, yakni Sam Bacile dan Terry Jones.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com