Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Advokasi JB Laporkan Dugaan Money Politic Kubu Foke

Kompas.com - 18/09/2012, 12:05 WIB
Luthfie Febrianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim advokasi Jakarta Baru, Selasa (18/9/2012), melaporkan adanya dugaan money politics dan kampanye yang dilakukan pada masa tenang oleh kubu Foke-Nara. Dugaan tersebut di antaranya adanya pembagian pakaian dan sembako yang dilakukan di Rumah Susun Tanah Abang, Sabtu (15/9/2012), di Pasar Perumnas Klender, Jumat (14/9/2012) dan di Petak Sembilan Jakarta Pusat, Minggu (16/9/2012).

Dugaan pembagian barang-barang dengan mekanisme door prize juga dilaporkan oleh Tim Advokasi JB. Pembagian door prize tersebut dilakukan di Kelurahan Jati Pulo, Palmerah Jakarta Barat, Sabtu (15/9/2012). Barang yang dibagikan antara lain lemari es, mesin cuci, dan kipas angin. Tim Advokasi JB juga membawa sejumlah bukti terkait pelaporannya tersebut, di antaranya spanduk dan print out dari media yang memberitakan money politics tersebut.

Selain itu, di antara bukti tersebut terdapat selebaran gelap yang bernada SARA. Selebaran yang mengatasnamakan Barisan Laskar Bumi Putera Jakarta (Bakar Baja) tersebut ditemukan Tim JB di kawasan Duri Kepa, Jakarta Barat, Senin (17/9/2012).

Habiburokhman selaku Koordinator Tim Advokasi Jakarta Baru berharap KPUD Jakarta melakukan investigasi atas pelaporan tersebut. "Kami harapkan KPUD melakukan investigasi lanjutan karena itu memang tugas dari KPUD," katanya.

Money Politics, menurut UU Nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah merupakan sebuah bentuk pelanggaran dan dapat diancam pidana paling lama 12 bulan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com