Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Budayawan Betawi Protes Ucapan Nara

Kompas.com - 18/09/2012, 13:31 WIB
Luthfie Febrianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Ditemui di kantor Panwaslu DKI Jakarta, Selasa (18/9/2012), budayawan Betawi, Ridwan Saidi, menyoroti ucapan Nachrowi Ramli ketika membuka acara Lebaran Betawi di Lapangan Bermes, Kelapa Gading, Jakarta Utara, 10 September 2012 lalu.

Nachrowi Ramli atau yang akrab dipanggil Nara selaku Ketua Bamus Betawi saat itu berujar, orang Betawi yang tidak memilih calon dari Betawi, silakan keluar dari Betawi.

Menurut Ridwan, ucapan tersebut tidak seharusnya diucapkan di depan umum.

"Dalam Betawi, bercanda itu bersifat privat dan harus dengan kenalan dekat," ujarnya.

Ridwan juga berujar, kedudukan Nara yang hanya seorang ketua ormas Betawi tidak sendirinya menguasai adat dan kebudayaan Betawi.

"Ente (Nara) kan cuma ketua ormas, tidak sendirinya menguasai adat dan kebudayaan Betawi. Kedudukan dia sebagai ketua ormas juga tidak afirmatif berbicara atas nama adat," cetus Ridwan.

Dia juga menambahkan, hukuman pengusiran adalah hukuman adat Betawi yang sudah tidak berlaku sejak pertengahan abad ke-19. Hukum tersebut, tambahnya, harus melalui otoritas seperti ketua adat.

"Hukum tersebut sudah ada sejak pertengahan abad ke-19 karena dulu enggak ada hukuman mati dan harus melalui ketua adat. Sanksi itu juga berlaku kalau ada yang melakukan pelanggaran berat aturan adat," katanya dengan logat khas Betawi.

Akhirnya, budayawan nyentrik tersebut mengimbau kepada semua kandidat agar menjaga ucapan dan lebih baik bersaing secara sportif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com