Kompas.com - 18/09/2012, 17:31 WIB
|
EditorFarid Assifa

PALU, KOMPAS.com - Dua pelaku perampokan mobil rental berhasil dibekuk polisi, setelah sebelumnya sempat melarikan diri. Keduanya masing-masing berinisial Ai (28) dan Ad (30) ditengarai berasal dari Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan. Kedua tersangka kini mendekam di Tahanan Polsek Palu Timur.

Kapolsek Palu Timur AKP Saiful Ars Mastura mengatakan, kedua tersangka perampokan dengan kekerasan ini ditangkap di wilayah Kabupaten Parigi Moutong, Senin kemarin.

"Kedua tersangka ini hendak melarikan diri dengan membawa mobil rental hasil rampokannya ke Masamba, Sulawesi Selatan. Namun berkat koordinasi kita dengan Polsek Parigi, keduanya berhasil kita tangkap di Desa Boyantongo, Parigi," kata Saiful, Selasa (18/9/2012).

Kapolsek AKP Saiful Ars Mastura mengatakan, dua tersangka ini awalnya datang ke Palu untuk mengunjungi salah seorang narapidana bernama Sudi di Rutan Donggala. Mereka kemudian menyewa mobil rental beserta sopirnya.

Karena yang dicari tidak ditemukan, keduanya kemudian kembali lagi ke Palu dan meminta sopir mengantar ke Tondo. Tiba-tiba di perjalanan terlintas niat buruk kedua pria ini. Mereka kemudian meminta diantarkan jalan-jalan di lokasi eks STQ di Jalan Soekarno Hatta.

Tersangka Ai meminta izin untuk buang air kecil. Mobil Avanza warna merah marun yang mereka rental ini pun berhenti. Ai kemudian keluar dari mobil dan mengambil sebuah batu. Selagi Ai mengambil sebuah batu, di dalam mobil Ad sudah mencekik korban. Ai kemudian memberikan batu yang diambilnya itu kepada Ad. Sambil mencekik Ad juga memukulkan batu pemberian Ai itu ke kepala korban.

Beruntung korban berhasil melepaskan cekikan di lehernya dan melarikan diri. Kedua pelaku berusaha mengejar korban. Namun gagal. Akhirnya kedua tersangka membawa kabur mobil rental tersebut ke arah Kabupaten Parigi Moutong. Kedua pelaku ini sempat diperiksa di Polsek Parigi saat ada razia. Karena tidak ada hal-hal yang mencurigakan, mobil tersebut dilepaskan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kemudian Kapolsek Parigi menerima info lewat Blackberry Messenger (BBM) bahwa telah terjadi perampokan di Palu dan pelakunya lari ke arah Parigi. "Kita langsung lakukan kordinasi dengan Polsek Parigi, ciri-ciri mobil termasuk nomor kendaraan kita kirim ke anggota kita. Anggota kita langsung bergerak melakukan pengejaran," jelas Kapolsek AKP Saiful Ars Mastura.

Kedua tersangka kini mendekam di tahanan Polsek Palu Timur untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.