Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Perampok Mobil Rental Diringkus

Kompas.com - 18/09/2012, 17:31 WIB
Kontributor Palu, Erna Dwi Lidiawati

Penulis

PALU, KOMPAS.com - Dua pelaku perampokan mobil rental berhasil dibekuk polisi, setelah sebelumnya sempat melarikan diri. Keduanya masing-masing berinisial Ai (28) dan Ad (30) ditengarai berasal dari Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan. Kedua tersangka kini mendekam di Tahanan Polsek Palu Timur.

Kapolsek Palu Timur AKP Saiful Ars Mastura mengatakan, kedua tersangka perampokan dengan kekerasan ini ditangkap di wilayah Kabupaten Parigi Moutong, Senin kemarin.

"Kedua tersangka ini hendak melarikan diri dengan membawa mobil rental hasil rampokannya ke Masamba, Sulawesi Selatan. Namun berkat koordinasi kita dengan Polsek Parigi, keduanya berhasil kita tangkap di Desa Boyantongo, Parigi," kata Saiful, Selasa (18/9/2012).

Kapolsek AKP Saiful Ars Mastura mengatakan, dua tersangka ini awalnya datang ke Palu untuk mengunjungi salah seorang narapidana bernama Sudi di Rutan Donggala. Mereka kemudian menyewa mobil rental beserta sopirnya.

Karena yang dicari tidak ditemukan, keduanya kemudian kembali lagi ke Palu dan meminta sopir mengantar ke Tondo. Tiba-tiba di perjalanan terlintas niat buruk kedua pria ini. Mereka kemudian meminta diantarkan jalan-jalan di lokasi eks STQ di Jalan Soekarno Hatta.

Tersangka Ai meminta izin untuk buang air kecil. Mobil Avanza warna merah marun yang mereka rental ini pun berhenti. Ai kemudian keluar dari mobil dan mengambil sebuah batu. Selagi Ai mengambil sebuah batu, di dalam mobil Ad sudah mencekik korban. Ai kemudian memberikan batu yang diambilnya itu kepada Ad. Sambil mencekik Ad juga memukulkan batu pemberian Ai itu ke kepala korban.

Beruntung korban berhasil melepaskan cekikan di lehernya dan melarikan diri. Kedua pelaku berusaha mengejar korban. Namun gagal. Akhirnya kedua tersangka membawa kabur mobil rental tersebut ke arah Kabupaten Parigi Moutong. Kedua pelaku ini sempat diperiksa di Polsek Parigi saat ada razia. Karena tidak ada hal-hal yang mencurigakan, mobil tersebut dilepaskan.

Kemudian Kapolsek Parigi menerima info lewat Blackberry Messenger (BBM) bahwa telah terjadi perampokan di Palu dan pelakunya lari ke arah Parigi. "Kita langsung lakukan kordinasi dengan Polsek Parigi, ciri-ciri mobil termasuk nomor kendaraan kita kirim ke anggota kita. Anggota kita langsung bergerak melakukan pengejaran," jelas Kapolsek AKP Saiful Ars Mastura.

Kedua tersangka kini mendekam di tahanan Polsek Palu Timur untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com