Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Perawat Kotak-kotak Diterjunkan Saat Pilkada

Kompas.com - 18/09/2012, 19:24 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Hari pemungutan suara sudah di depan mata. Tim sukses masing-masing pasangan calon pun mulai mempersiapkan puncak pesta demokrasi itu dengan mengerahkan relawan dan saksi yang akan ditempatkan di setiap pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Salah satunya adalah tim sukses pasangan calon Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama. Tim ini akan mengerahkan ribuan relawannya yang berprofesi sebagai perawat untuk membantu para pemilih yang terkendala sakit.

"Kami sudah siapkan jumlahnya sekitar ribuan relawan yang merupakan perawat untuk membantu para pemilih yang terkendala fisik atau pun sakit," ujar Koordinator Bidang Komunikasi dan Media Center Tim Kampanye Budi Purnomo Karjodihardjo, Selasa (18/9/2012), saat dihubungi.

Budi mengatakan, para perawat itu nantinya akan membantu warga yang terkendala secara fisik di sekitar wilayah perumahan maupun rumah sakit. Sebagai penanda, para perawat ini akan mengenakan pakaian kotak-kotak sebagai ciri khas relawan Jokowi-Basuki.

"Tapi bukan berarti kami mengarahkan, ini sifatnya independen hanya membantu masyarakat supaya hak pilihnya bisa terpenuhi. Baju kotak-kotaknya juga bisa desain kotak-kotak yang lain, selain itu baju juga tidak akan ada nomor atau pun gambar kandidat," kata Budi lagi.

Selain menyiapkan relawan, tim sukses Jokowi-Basuki juga disibukkan dengan persiapan saksi-saksi yang akan mengawal proses pemungutan suara di setiap tempat pemungutan suara (TPS) di Jakarta. Calon Gubernur DKI Jakarta Jokowi sempat menyebutkan bahwa timnya menyiapkan sekitar 45.000 saksi di seluruh TPS yang ada.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com