Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buruh Mogok Makan Tuntut Penghapusan Sistem Alih Daya

Kompas.com - 19/09/2012, 15:28 WIB
Agnes Swetta Br. Pandia

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com -- Lima tenaga alih daya (outsourcing) PT Langgeng Industri Makmur Tbk mogok makan di kompleks patung Gubernur Suryo, depan Gedung Negara Grahadi, Jalan Gubernur Suryo, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (19/9/2012). Aksi ini sebagai bentuk solidaritas perjuangan buruh di pabrik aluminium atas pemberhentian 350 orang buruh pada 18 Agustus 2012.

Perselisihan di perusahaan ini terus berlanjut karena tenaga alih daya diberi upah Rp 1.033.760 per bulan, lebih rendah dari upah minimum Kabupaten Sidoarjo yang Rp 1.252.000 per bulan.

Menurut Akbar Ajis (21), yang sudah tiga tahun berstatus tenaga alih daya di perusahaan itu, selama perselisihan terjadi buruh terus memblokade pabrik yang berada di Bungurasih, Sidoarjo.

Buruh bersama Federasi Serikat Buruh Madani dan Konferensi Serikat Nasional juga telah bertemu Wakil Gubernur Saifullah Yusuf untuk mengadukan soal pemutusan hubungan kerja yang dinilai sepihak.

"Blokade di pabrik dan mogok makan akan berlanjut sampai hak buruh diberikan sesuai ketentuan," kata Akbar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com