Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TPS Anas Urbaningrum Ada Bekas Dapurnya

Kompas.com - 20/09/2012, 08:15 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta putaran kedua digelar hari ini, Kamis (20/9/2012). Seluruh warga Jakarta yang terdaftar sebagai pemilih akan memberikan hak suaranya di ratusan tempat pemungutan suara yang tersebar di seluruh wilayah DKI Jakarta.

Di Jakarta Timur, tepatnya di Kelurahan Duren Sawit, Kecamatan Duren Sawit, terdapat satu TPS, yakni TPS 090, yang cukup menarik untuk diperhatikan. TPS ini didirikan di atas lahan seluas kira-kira 40 x 50 meter persegi.

Lahan ini merupakan lahan bekas restoran yang menyajikan berbagai menu makanan. Akan tetapi, sejak dua tahun lalu, restoran itu tutup dan dirobohkan menyusul habisnya masa kontrak menggunakan lahan.

TPS 090 jauh dari kesan mewah. Dari pantauan Kompas.com, TPS ini hanya dilengkapi sebuah tenda "hajatan" berukuran 10 x 15 meter, dengan jumlah kursi yang disediakan panitia sekitar 50 buah.

Di bawah tenda itu berkumpul panitia pemilihan, saksi, para pemilih yang menunggu antrean, serta dua bilik suara berikut sebuah kotak untuk menampung kertas suara yang telah dicoblos. Persis di sisi kanan tenda itu berdiri, tampak bekas dapur dari restoran yang dulu pernah berdiri.

Di depannya terdapat sebuah warung kecil dan di belakangnya berderet dua petak kontrakan serta satu kamar mandi yang pintunya terbuka lebar.

"TPS ini kurang rapi, seperti kurang koordinasi, seperti tanpa persiapan," kata Wawan, saksi dari PKS, yang ikut mengawal jalannya pemilihan, saat dijumpai Kompas.com di lokasi.

Setidaknya, tercatat 549 daftar pemilih yang akan ikut menentukan pemimpin Jakarta di lima tahun ke depan. Dari seluruh pemilih, tercantum nama Ketua DPP Partai Demokrat Anas Urbaningrum di dalamnya.

TPS ini hanya berjarak sekitar 20 sampai 30 meter dari tempat Anas tinggal di Jalan Teluk Semangka, Duren Sawit, Jakarta Timur.

"Iya betul, Pak Anas terdaftar di TPS ini," kata seorang panitia Pilkada DKI di TPS 090.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com