Kompas.com - 21/09/2012, 11:09 WIB
|
EditorHertanto Soebijoto

JAKARTA, KOMPAS.com — Ke mana pun Joko Widodo (Jokowi) pergi, keempat pria berambut cepak ini selalu setia mengikuti. Mereka selalu bersiaga dengan headset warna putih di telinga layaknya agen-agen rahasia di film. Keempat pria ini tak lain adalah ajudan Jokowi yang selalu menempel sang calon gubernur DKI Jakarta itu selama menjalankan aktivitasnya di Ibu Kota. Beberapa di antara mereka adalah anggota kepolisian, sisanya adalah ajudan pribadi Jokowi.

Banyak kenangan yang didapat para ajudan ini selama mengikuti Jokowi. Salah satunya adalah Kuntoro. Pria asli Solo, Jawa Tengah, ini mengakui bahwa sosok Jokowi berbeda dengan pejabat lainnya. Meski sudah menjadi orang penting dengan posisi Wali Kota Solo, Jokowi tidak suka protokoler yang kaku.

"Bapak orangnya biasa-biasa saja. Enggak terlalu suka diatur-atur," ujar Kuntoro.

Jika dalam kerumunan, lanjutnya, para ajudan selalu berusaha memberikan batas kepada warga agar tidak terlalu dekat dengan Jokowi. Namun, hal ini yang paling tidak disukai Jokowi. Dengan nada datar, Jokowi biasanya langsung menginstruksikan agar ajudannya tidak menghalang-halangi warga yang ingin bersalaman ataupun berfoto bersama. Hal lucu pernah terjadi pada Kuntoro saat menjaga Jokowi di tengah kerumunan.

"Saya pernah disangka copet karena menghalang-halangi warga dan tangan saya kena badannya. Ha-ha-ha. Jadi, setelah itu kami pakai seraham batik merah ini," kenang Kuntoro.

Ketidaksukaan Jokowi akan protokoler juga ditunjukkannya di meja makan. "Pernah kami para ajudan makan di meja sendiri, bapak di meja satunya lagi makan sendiri. Ternyata Bapak minta kami makan saja satu meja sama dia. Jadi, sekarang kalau makan, ya, sama-sama semeja dengan ajudannya," kata Kuntoro.

Dalam hal makanan, Jokowi pun tidak memiliki menu favorit. Di mata Kuntoro, Jokowi sangat sederhana. Dia melahap semua makanan yang diberikan kepadannya. "Semua makanan enak kayaknya buat bapak. Ha-ha-ha," ujar Kuntoro.

Kendati tidak memiliki menu favorit, Kuntoro menuturkan, Jokowi sangat senang makan di warung tegal (warteg). "Suka buanget dia makan di warteg pas putaran pertama. Sampai kami (ajudan) bercanda ke bapak, 'Pak, jauh-jauh ke Jakarta jangan makan warteg terus'," ujar Kuntoro.

Jokowi di hari pencoblosan

Mobil Kijang Innova putih menjadi kendaraan favorit Jokowi selama di Jakarta. Di balik kemudi Innova ini, Kuntoro-lah yang memegang kendali setir. Dari pagi hingga tengah malam, Kuntoro mengantar Jokowi beraktivitas.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.