Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basuki: Jokowi Mirip JK

Kompas.com - 23/09/2012, 19:39 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menilai pasangannya, Joko Widodo, memiliki kemiripan dengan mantan Wapres Jusuf Kalla.

Ada dua kemiripan yang disampaikan Basuki kepada wartawan di kediaman Jusuf Kalla, Jalan Brawijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (23/9/2012). Kemiripan yang pertama adalah dalam melaksanakan perencanaan.

"Pak Jokowi itu sesuai dengg gaya Pak JK, eksekusi, eksekusi. Apa yang direncanakan langsung dieksekusi," kata Ahok, sapaan Basuki.

Ia mengungkapkan, dalam kesempatan berbincang-bincang dengan Ketua Umum PMI itu, ia dinasehati untuk berusaha lebih cepat dalam melaksanakan program-program yang direncanakan. Dalam posisi sebagai calon wakil, JK berharap Basuki selalu siap menyokong langkah cepat Jokowi dalam melaksanakan program kerja.

Sementara itu, kesamaan kedua antara JK dan Jokowi adalah pendekatan mereka sebagai pemimpin. "Pak Jokowi seperti Pak JK, selalu turun langsung ke bawah," ujar Ahok.

Karena pendekatan langsung itu, JK maupun Jokowi bisa menyerap langsung aspirasi masyarakat, mengetahui prioritas program sesuai kebutuhan masyarakat, dan mengeksekusi proyek dengan lebih cepat.

Pada kesempatan yang sama, JK mengungkapkan pertemuan itu merupakan kesempatan baginya untuk mengucapkan selamat kepada Jokowi dan Ahok. Meskipun belum ada pengumuman resmi dari KPU DKI Jakarta, menurut JK, hasil Pemilukada DKI tidak akan berbeda jauh dengan hasil resmi.

"Walaupun belum ada pengumuman tapi indikasi kuat sudah dimenangkan Jokowi-Ahok," kata JK.

Ia berharap, Basuki bisa menempatkan diri secara tepat sebagai wakil gubernur yang bertugas mendukung tugas Jokowi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com