Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepeda Kuno Ala Soekarno Dipamerkan

Kompas.com - 23/09/2012, 20:54 WIB
Adi Sucipto

Penulis

GRESIK, KOMPAS.com- Sekitar 2.000 pecinta sepeda onthel kuno dari berbagai kota mengikuti jambore nasional menjelajahi kota Gresik, Jawa Timur Minggu (23/9/2012) kemarin. Selain itu, koleksi berbagai tipe, merek, tahun keluaran berbeda buatam berbagai negara seperti Belanda, Jerman, Inggris, dan Perancis juga dipamerkan sejak Sabtu lalu sampai Minggu kemarin.

Ketua Pembina Paguyuban Sepeda Kebo Gresik (Pasekgres) Letnan Kolonel Arh Eko Wibowo Kusrianto memaparkan, kegiatan itu untuk menumbuhkan nasionalisme. Sebagian peserta memakai atribut perjuangan tempo dulu, bahkan ada yang mengenakan busana dari kain goni.

Dalam kesempatan itu digelar undian berhadiah, di antaranya televisi, uang Rp 2,5 juta, dan seekor kerbau. Hadiah kerbau dimenangkan kelompok pecinta sepeda kuno dari Pamekasan.

Di antara sepeda yang dipamerkan terdapat sepeda buatan 1913 merek Fongers buatan Belanda, dan Sunbeam buatan Inggris keluaran 1924. Sepeda jenis itu sangat mahal, harganya mencapai Rp 50 juta. "Jenis ini pernah dipakai Presiden Soekarno," kata Eko.

Ketua Pelaksana Jambore Onthel Kusnadi menyatakan, jambore onthel akan digelar setiap tahun. Ke depan peserta yang diundang akan lebih banyak lagi.

Kali ini peserta berasal dari DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Kalimantan. Sekitar 2.000 orang pecinta sepeda ikut nggowes bareng.

Sebagian peserta mengenakan atribut perjuangan tempo dulu atau pakaian adat serba hitam, atau loreng merah putih khas Madura lengkap dengan membawa cemeti. Ajang itu digagas juga untuk mempertemukan pecinta dengan kolektor sepeda kuno. "Jadi ada transaksi dan berbagi informasi," ujar Kusnadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com