Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penghitungan Suara Mulai di Tingkat Kecamatan

Kompas.com - 24/09/2012, 15:41 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mulai Senin (24/9/2012) ini, penghitungan suara pada putaran kedua Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2012 telah dilakukan hingga tingkat kecamatan. Penghitungan pada tingkat kecamatan ini ditargetkan selesai pada 25 September esok.

Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Sosialisasi, Pemungutan dan Penghitungan Suara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta, Sumarno, mengatakan, sebanyak 44 kecamatan di Jakarta serempak melakukan penghitungan suara pada hari ini. "Serempak semuanya melakukan penghitungan suara, termasuk Kepulauan Seribu," kata Sumarno, saat dihubungi, Senin (24/9/2012).

Dia mengatakan, penghitungan suara akan dilanjutkan pada tingkat Kabupaten/Kota mulai tanggal 26 September mendatang. Kemudian penghitungan suara di tingkat KPU Provinsi DKI Jakarta akan dilakukan dua hari kemudian, yaitu pada tanggal 28 September.

"Yang pasti KPU Provinsi harus melakukan rekap hasil penghitungan suara paling lambat tiga hari setelah terima rekap hasil penghitungan suara Kabupaten dan Kota," ujarnya.

Sumarno menjelaskan, jika tidak terjadi gugatan pada hasil Pilkada DKI Jakarta ini maka pasangan calon terpilih akan melaksanakan serah terima jabatan dan dilantik pada 7 Oktober mendatang di hadapan DPRD Provinsi DKI Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com