Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank Sentral Inggris Lelang Uang Seri Istimewa

Kompas.com - 28/09/2012, 23:56 WIB

LONDON, KOMPAS.com - Bank sentral Inggris, Bank of England (BoE), melelang uang kertas pecahan 5 pound, 10 pound, 20 pound, dan 50 pound. Meski nampak seperti uang normal, uang yang dilelang memiliki nomor seri khusus.

Selain mempunyai seri khusus, uang-uang kertas tersebut juga tidak diedarkan secara luas sehingga disimpan sebagai koleksi pribadi.

Satu lembar uang kertas 50 pound atau setara dengan Rp 750.000 terjual senilai 820 pound atau kira-kira Rp 12,3 juta karena lembaran uang itu mempunyai nomor seri AA01 000888.

Hal yang membuat lembaran terjual dengan harga tinggi adalah nomor seri tersebut termasuk nomor awal dan angka delapan dianggap sebagai nomor yang membawa keberuntungan di banyak negara di kawasan Asia Timur.

Total dana yang dikumpulkan dalam lelang ini adalah 50.000 pound. Semuanya akan disumbangkan ke badan amal yang mengurus anak-anak, British Association for Adoption and Fostering dan the Kids Company.

Jumlah tersebut jauh lebih tinggi dari target semula 33.000 pound. Panitia lelang mengatakan koleksi uang kertas merupakan hobi baru tetapi terus berkembang di kalangan pecinta uang kertas.

Dalam lelang, bank sentral juta menampilkan uang kertas baru dengan tanda tangan baru yang pada akhirnya nanti akan menggantikan edisi lama. (Dyah Megasari/Kontan)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com