Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sikap Gentle Foke Berkontribusi Jaga Stabilitas Keamanan

Kompas.com - 30/09/2012, 16:41 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Peneliti senior Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Siti Zuhro, memberikan apresiasi kepada Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo yang telah menunjukkan sikap sportifnya untuk menerima kekalahan di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2012 putaran kedua. Sikap sportif yang ditunjukkan oleh pria yang akrab disapa Foke itu, menurut Siti, dapat meredam konflik antarkedua kubu pasangan calon.

"Saat penghitungan cepat, Pak Foke dinyatakan kalah, dia langsung menelepon dan mengucapkan selamat kepada rivalnya, Pak Jokowi. Asumsi saya dia sudah gentle pada putaran kedua. Itu kontribusi yang luar biasa terhadap stabilitas kemanan DKI Jakarta. Ini mencairkan emosi," kata Siti Zuhro, saat ditemui di Bakoel Koffie, Jakarta, Minggu, (30/9/2012).

Terlebih, Siti pun mengatakan kalau pasangan calon Foke-Nara juga memiliki basis pendukung yang kuat, terutama dari berbagai organisasi masyarakat. Foke, sebagai pemimpin mereka dapat mengajak para pendukungnya untuk menjaga keamanan Jakarta dengan cara yang ia tunjukkan tersebut.

Selain itu, Sekretaris DPRD DKI Jakarta, Mangara Pardede, melihat Foke Bowo sudah legowo dengan kekalahannya. "Sehingga kami prediksikan suasana Jakarta saat pelantikan akan kondusif dan tidak akan terjadi keributan," kata Mangara Pardede.

Seperti diberitakan sebelumnya, pasangan Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli pada Pilkada DKI Jakarta 2012 diungguli oleh pesaing mereka, pasangan calon Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama. Saat penghitungan cepat mempertunjukkan bahwa Jokowi berhasil mengungguli Foke, Jokowi mengaku sudah ditelepon oleh Foke dan diberi ucapan selamat.

Jika tidak ada gugatan terhadap hasil Pilkada DKI Jakarta kepada Mahkamah Konstitusi (MK), maka serah terima jabatan akan dilakukan pada 7 Oktober 2012 mendatang.

Seperti diberitakan sebelumnya, dari 200 sampel tempat pemungutan suara yang digunakan dalam hitung cepat Litbang Kompas ini, Jokowi-Basuki unggul dengan total suara 52,97 persen dari jumlah suara sah. Sedangkan pasangan Foke-Nara mengantongi 47,03 persen dari suara sah.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta juga sudah menetapkan pasangan Jokowi-Basuki sebagai Gubernur Wakil Gubernur DKI Jakarta periode 2012-2017. Sebanyak 2.472.130 memilih pasangan Jokowi-Basuki. Sementara pasangan Foke-Nara hanya berhasil mengantongi suara sebanyak 2.120.815.

Berita terkait dapat diikuti di topik : PILKADA DKI 2012

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com