Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Senjata Milik Pasangan Perampok AS Laku Rp 5 Miliar

Kompas.com - 01/10/2012, 09:20 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Sepasang senjata milik penjahat AS Bonnie Parker dan Clyde Barrow yang tewas dalam pengejaran polisi pada 1934 lalu laku dilelang dengan harga lebih dari 500.000 dollar AS atau hampir Rp 5 miliar.

Kedua senjata itu dilelang di RR Auction dengan tema pernik-pernik gangster, kriminal, dan penegak hukum Amerika yang digelar di New Hampshire.

Bonnie Parker dan Clyde Barrow melakukan serangkaian perampokan bank sebelum polisi berhasil membekuk mereka di Lousiana pada 23 Mei 1934.

Benda-benda ini diambil di mobil pasangan penjahat itu tewas. Selain kedua senjata ini, wadah kosmetik milik Bonnie dan sebuah album foto ada di antara barang-barang yang dilelang.

Revolver jenis Colt Detective milik Bonnie menjadi barang paling mahal dan terjual 264.000 dollar AS atau sekitar Rp 2,5 miilar.

Sedangkan pistol Army Colt 1911 kalibar 45 milik Clyde laku terjual dengan harga Rp 2,3 miliar.

Barang lain yang terjual cukup mahal adalah jam saku milik Clyde dengan harga 36.000 dollar AS.

Ahli sejarah ER Milner mengatakan, dengan masih lakunya barang-barang memorabilia keduanya, terbukti pasangan penjahat ini masih menjadi sosok yang populer di AS.

"Kematian keduanya hampir mirip tragedi karya Shakespeare di jalanan berdebu Lousiana," kata Milner beranalogi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com