Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

15 Ribu Personel Polisi Jaga Aksi Buruh di Ibu Kota

Kompas.com - 01/10/2012, 19:59 WIB
Lariza Oky Adisty

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Aksi mogok nasional ribuan buruh pada Rabu (3/10/12) mendatang telah siap diantisipasi oleh pihak kepolisian.  Sekitar 15.000 personel diturunkan untuk mengamankan aksi tersebut di Ibu Kota Jakarta.

"Aksi mogok kerja terjadi di pabrik-pabrik tiap karyawan yang berpartisipasi, seperti di wilayah Jabodetabek dan Jababeka," terang Kepala Biro Operasi Polda Metro Jaya Komisaris Besar M Chairul Noor Alamsyah. saat ditemui di Mapolda Metro Jaya, Senin (1/10/12).

Menurutnya, tuntutan mereka masih sama, perihal pencabutan outsourcing serta penolakan upah murah. Lima belas personel keamanan yang dikerahkan, lima ribu di antaranya berasal dari TNI.

"Personel keamanan tersebar di seluruh wilayah, tidak ada pemusatan karena aksi dilakukan di tempat masing-masing. Untuk patroli, diserahkan ke polres masing-masing," imbuhnya.

Senada dengan Chairul, Kabid Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Rikwanto menyatakan bahwa kepolisian akan mengamankan objek-objek vital seandainya aksi mogok buruh nanti meluas. Misalnya di Gedung DPR, Bandara Soekarno-Hatta, dan Istana Negara.

"Pihak kepolisian, termasuk juga dari Polda tidak akan underestimate dengan kemungkinan aksi mogok meluas ke tempat-tempat seperti jalan tol dan jalan umum," ujar Rikwanto.

"Karena itu secara teknis, plotting personel keamanan meliputi lokasi pemogokan, juga di pintu tol dan jalan umum agar aksi pemogokan ini tidak sampai mengganggu kegiatan masyarakat," tukas Rikwanto.

Selain pengerahan personel keamanan, pihak kepolisian juga mengadakan sejumlah tindakan antisipasi lain. Misalnya dengan pengalihan arus dan sweeping pengunjuk rasa jika berbuat anarkis.

Kepada para buruh, pihak kepolisian berharap aksi mereka tak mengganggu kelancaran aktivitas masyarakat.

Aksi pemogokan buruh ini diprakarsai oleh Federasi Serikat Pekerja Metal (FSPMI) bergabung dengan Majelis Pekerja Buruh Indonesia (MPBI) yang akan dilakukan di Kawasan Industri & Lingkungan Sekitar Pabrik Pabrik di 12 Provinsi, 37 Kabupaten/Kota dan 745 perusahaan.

Adapun sasaran aksi mogok untuk Wilayah Polda Metro adalah:
1. Kawasan Industri Pulogadung Jaktim
2. KBN Cakung Jaktim & KBN Cilincing Jakut
3. Kawasan Industri Jatake Kota Tangerang
4. Kawasan Industri Kalisadi Tangerang
5. Kawasan Industri Manis Kota Tangerang
6. Kawasan Industri Jatiuwung Kota Tangerang
7. Kawasan Industri MM 2100 Kab Bekasi
8. Kawasan Industri Jababeka Kabupaten Bekasi
9. Kawasan Industri EJIB Kab Bekasi
10. Kawasan Industri Hyundai Kabupaten Bekasi
11. Kawasan Industri Delta Silikon Kabupaten Bekasi
12. Kawasan Industri Lipppo Kabupaten Bekasi
13. Kawasan Industri Gobel Kabupaten Bekasi

Berita terkait aksi unjuk rasa penolakan tenaga outsourcing dan upah murah dapat diikuti di Demo Buruh.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com