Kompas.com - 03/10/2012, 06:46 WIB
|
EditorGlori K. Wadrianto

MAGELANG, KOMPAS.com - Kota Magelang meraih penghargaan Kota Layak Anak (KLA) Nasional Tingkat Madya tahun 2012. Penghargaan akan diserahkan langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kepada Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito di Jakarta, hari ini, Rabu (3/10/2012).

Wulandari Wahyuningsih, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Keluarga Berencana (BMPKB) Kota Magelang mengatakan, penghargaan tersebut bisa dikatakan sebagai apresiasi positif terhadap upaya Pemkot Magelang melindungi anak-anak, terutama sejak dicanangkan kebijakaan pembangunan KLA 30 September 2011 lalu.

"Langkah tersebut merupakan respons yang positif dan strategis untuk mendukung Indonesia layak anak," ujar Wulandari, Selasa (2/10/2012) kemarin.

"Hal itu juga untuk memastikan bahwa anak-anak di Kota Magelang bisa timbuh dan berkembang secara optimal, terlindungi dan aktif berpartisipasi," kata Wulandari lagi.

Sejak dicanangkan,  salah satu bentuk perhatian Pemkot Magelang terhadap anak-anak antara lain melalui sebuah lembaga Women Crisis Centre (WCC). Yaitu, lembaga yang memberi fasilitas bagi anak-anak putus sekolah, yang kebanyakan karena faktor ekonomi.

WCC membantu mencari sumber dana untuk membiaya pendidikan antara lain melalui orang tua asuh, bapak/ibu angkat, dan beasiswa. Selain itu juga diberikan keterampilan khusus dan les belajar oleh Organisasi Bocah Asli Magelang (Obama). "Kita tidak ingin ada anak usia sekolah yang sudah bekerja, yang seharusnya bukan masa mereka untuk mencari pekerjaan," ujarnya.

Terpisah, Wali Kota Magelang mengatakan kelayakan untuk anak dimulai dari keluarga, orang dewasa, orang tua yang dituntut berperilaku, bersikap serta mempunyai gaya hidup yang ramah bagi anak. "Intinya tidak ada tindakan kekerasan terhadap anak, mari kita bimbing anak agar terhindar dari bentuk perlakuan yang salah, kekerasan, eksploitasi yang akan merugikan fisik dan mental mereka," tutur Sigit. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.