Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demo Buruh Diprediksi Tidak Pengaruhi Sentimen

Kompas.com - 03/10/2012, 09:17 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Rencananya sekitar tiga juta dari seluruh Indonesia akan mogok kerja menolak kebijakan outsourcing dan upah murah pada Rabu (3/10/2012). Aksi ini diperkirakan tidak mempengaruhi sentimen pasar domestik. Aksi ini tidak hanya dipusatkan di Jakarta tetapi juga dilakukan di 80 kawasan industri seluruh Indonesia.

Mogok kerja buruh ini terutama terjadi pada pabrik-pabrik padat modal seperti otomotif, elektronika, logam dan perusahaan multinasional. Diperkirakan produsen akan mengakibatkan kerugian produksi senilai total Rp 10 triliun.

Menurut ekonom Samuel Sekuritas Indonesia, Lana Soelistianingsih, pengalaman demo yang pernah terjadi sebelumnya pada hari buruh 30 April 2012 lalu tidak mempengaruhi sentimen pasar. "Namun, aksi massal seperti ini menjadi faktor negatif dalam perbaikan iklim investasi di Indonesia di tengah upaya pemerintah memompa investasi sebagai penyumbang pertumbuhan ekonomi yang tinggi bersama dengan konsumsi masyarakat," kata Lana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com