Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kawasan Industri Dilumpuhkan

Kompas.com - 03/10/2012, 11:22 WIB
Ambrosius Harto Manumoyoso

Penulis

BEKASI, KOMPAS.com — Mogok massal buruh berdampak kegiatan produksi berhenti dan melumpuhkan kegiatan di seluruh kawasan industri di Kabupaten Bekasi, Rabu (3/10/2012).

Pantauan Kompas, nyaris tidak ada pabrik yang beroperasi pada hari pertama mogok massal atas imbauan Majelis Pekerja Buruh Indonesia (MPBI). Pabrik-pabrik yang beroperasi, misalnya di sepanjang Kalimalang, Kabupaten Bekasi, diminta berhenti berproduksi dan mengeluarkan buruh untuk mengikuti mogok.

Kondisi serupa juga terjadi di kawasan industri MM2100, EJIP, Delta Silicone, Hyundai, Lippo Cikarang, dan Jababeka. Kawasan industri disesaki buruh yang berputar-putar dengan sepeda motor. Kegiatan produksi terhenti sama sekali.

Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia dalam MPBI memperkirakan, massa buruh yang ikut mogok massal di Kabupaten Bekasi sekitar 500.000 orang.

Adapun aksi serupa di Kota Bekasi dipusatkan di Kantor Wali Kota Bekasi. Aksi diperkirakan diikuti lebih dari 10.000 buruh.

Aksi memang tidak dikonsentrasikan di satu lokasi, tetapi di beberapa titik. Dengan demikian, kegiatan mogok belum memengaruhi secara signifikan terhadap kemacetan atau keruwetan lalu lintas.

Sejauh ini belum ada pernyataan resmi dari Apindo terkait mogok massal, terutama yang menimbulkan kerugian materi.

Kawasan industri di Kabupaten Bekasi menopang setidaknya 70 persen produksi ekspor nonmigas nasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com