Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Buruh Menuju Kawasan Industri di Brebek

Kompas.com - 03/10/2012, 15:35 WIB
Agnes Swetta Br. Pandia

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Ribuan buruh dari berbagai elemen yang semula memblokade akses menuju jalan tol Waru-Juanda, kini mengarah ke kawasan industri Sier Surbaya dan Brebek Sidoarjo, Rabu (3/10/2012) ini.

Akibat aksi mogok kerja yang dilakukan buruh dengan berjalan kaki dan bersepeda motor, beberapa ruas jalan ke arah Sier dan Brebek macet total. Arus lalu lintas di kawasan Ahmad Yani Surabaya juga tersendat, sebagai dampak dari aksi para buruh yang menuntut penghapusan sistem tenaga kerja alih daya (outsourcing) dan upah murah.

Dampak dari aksi buruh itu, banyak pengendara harus bertahan di satu tempat selama berjam-jam, terutama yang hendak melintas di Bundaran Waru, Sidoarjo.

Memang polisi sempat melarang massa untuk menggelar aksi jalan kaki ke kawasan industri Brebek. Namun, karena buruh mengancam akan memblokade akses menuju tol Waru-Juanda, buruh diizinkan menuju Brebek.

Aparat kepolisian mengizinkan massa bergerak ke kawasan Brebek Industri, namun tidak melalui rusa jalan tol, tetapi di bawah jalan tol.

Jamaluddin dari Majelis Pekerja Buruh Indonesia (MPBI) menuju kawasan industri itu, untuk mengajak rekan-rekan sesama buruh melakukan mogok kerjas secara nasional.

"Kemungkinan ribuan buruh tidak mengarah ke Kantor Gubernur dan DPRD jatim, tapi hanya berkumpul untuk mengajak buruh ikut mogok kerja, agar tuntutan penghapusan kerja kontrak dan upah buruh segera direalisasikan," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com