Kompas.com - 04/10/2012, 15:37 WIB
EditorLatief

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Marga Lingkar Jakarta (MLJ) optimistis ruas tol Jakarta Outer Ring Road West 2 (JORR W2) sepanjang 7,67 km dapat diselesaikan. JORR akan beroperasi pada akhir 2013 mendatang.

"Kami optimistis, jika 100 persen lahan dapat dibebaskan oleh pemerintah akhir tahun ini, maka akhir tahun depan JORR W2 selesai," kata Direktur Utama PT MLJ, Sonhadji Surahman, di sela Penyerahan Bantuan Tanggung Jawab Sosial (CSR) di di Petukangan Utara, Jakarta Selatan, Kamis (4/10/2012).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sonhadji mengakui, pihaknya secara teknis tidak mengalami kendala apapun. MJL siap melaksanakan pembangunan JORR W2 Utara sesuai rencana.

"Proyek ini dimulai 21 Oktober 2011 dan terbagi empat paket dengan total investasi Rp 2,2 triliun," katanya.

Paket pertama dari Kebon Jeruk-Meruya, sedangkan paket kedua Meruya-Joglo. Untuk paket Kebon Jeruk-Joglo ini berjarak sekitar 4 km, yang ditargetkan selesai pertengahan 2013.

"Kemajuan fisiknya sudah 45 persen," katanya.

Sementara itu, kemajuan untuk paket tiga, Joglo-Ciledug, sudah mencapai 30 %, sedangkan untuk paket empat Ciledug-Ulujami kemajuannya sudah 15 %. Dengan demikian, katanya, harus diakui bahwa masih ada permasalahan lahan belum terbebaskan.

Sonhadji mencontohkan, untuk paket satu masih ada 18 warga atau pemilik lahan seluas 0,72 ha yang belum cocok harga tanahnya. Pada paket tiga, masih ada lahan seluas 0,59 ha yang dipersengketakan antara Dinas Pertanian Provinsi DKI Jakarta dengan seorang warga. Kemudian, pada paket empat, masih dalam proses penyelesaian atas lahan seluas 2,28 ha milik 130 warga di daerah Petukangan Jakarta, Selatan. Dia berharap, proses pembebasan lahan dapat sesuai dengan jadwal.

"Apalagi sudah ada mandat dari Gubernur DKI kepada Ketua Panitia Pengadaan Tanah (P2T), yakni Sekretaris Kotamadya Jakarta Barat, agar pembebasan lahan bisa segera tuntas," katanya.

Dengan beroperasinya JORR W2 nanti, kemacetan jalan dalam kota Jakarta, khususnya tol dalam kota, diharapkan akan berkurang secara signifikan. Hal itu karena ruas tol tersebut akan tersambung dengan JORR W1 (Penjaringan-Kebon Jeruk) di sisi utara dan JORR W2 Utara Selatan (Ulujami-Pondok Indah).

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.