Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Okupansi KA Pada Libur Idul Adha Meningkat

Kompas.com - 04/10/2012, 20:19 WIB
Didit Putra Erlangga Rahardjo

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 2 mencatat peningkatan pemesanan tiket kereta pada libur hari raya Idul Adha yang jatuh pada hari Jumat (26/10/2012). Beberapa perjalanan sudah terpesan di atas 90 persen.

"Padahal, hari libur masih 21 hari lagi," kata Manajer Humas PT KA Daop 2, Bambang S Prayitno, di Bandung, Kamis (4/10/2012).

Dia menyebut beberapa perjalanan yang okupansinya hampir 90 persen pada hari Kamis (25/10) seperti Lodaya tujuan Jogja dan Solo Balapan maupun Harina ke Semarang melalui Cirebon yang terpesan 91 persen untuk kelas eksekutif dan 97 persen untuk kelas bisnis.

Untuk kelas bisnis lainnya, reservasi sudah dilakukan meski tidak setinggi kereta lainnya seperti Mutiara Selatan, Argowilis, maupun Turangga yang masih di bawah 50 persen.

Bambang menjelaskan, penyebab kenaikan reservasi ini adalah hari libur Idul Adha yang berbarengan di akhir pekan.

Dalam tiga bulan terakhir tahun 2012, terdapat hari libur yang ada di akhir pekan seperti tahun baru Hijriyah 1434 pada Kamis (15/11/2012) dilanjutkan cuti bersama pada tanggal 16 November, kemudian Hari Raya Natal pada hari Selasa (25/12/2012) yang didahului cuti bersama pada Senin (24/12/2012).

Dengan layanan pemesanan 90 hari menjelang keberangkatan, Bambang mengimbau agar para calon penumpang bisa memesan jauh hari untuk menghindari antrean panjang. Beberapa metode pembayaran kini bisa dilakukan seperti melalui internet atau pembelian di layanan minimarket atau kantor pos. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com