Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kali Baru Meluap, Dua RT di Cililitan Banjir

Kompas.com - 08/10/2012, 13:23 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Musim penghujan di wilayah Jabodetabek mulai tiba. Hujan di wilayah Bogor membuat sungai yang mengalir di Jakarta mengalami peningkatan volume air. Salah satunya adalah Kali Baru yang melintas di permukiman kawasan Cililitan, Kramat Jati, Jakarta Timur.

Iwan (30), salah seorang warga mengatakan, kali yang memiliki hulu dari Sungai Cisadane, Bogor, Jawa Barat tersebut, mulai meluap pukul 05.30 WIB subuh. Air meluap di titik-titik tertentu di pintu air Cililitan yang bersebelahan dengan Jalan Raya Bogor dan Jalan Raya Condet.

"Iya, biasanya kalau di Bogor hujan deras, airnya meluap di sini. Kalau hujan justru nggak banjir," ujarnya saat ditemui Kompas.com di lokasi banjir, Senin (8/10/2012) pagi.

Akibat dari luapan volume air kali, dua RT yaitu RT 01 dan RT 02, RW 15, Cililitan, Kramat Jati, Jakarta Timur, ikut terendam. Pasalnya dua RT tersebut berada tepat di pinggir kali yang bermuara di Kanal Banjir Timur (KBT) tersebut. Banjir juga sempat menutup jembatan yang menghubungkan permukiman dengan Jalan Raya Bogor.

"Ketinggian waktu pertama banjir sampai 30 sentimeter. Sekarang sih sudah mulai berkurang, sekitar 20 sentimeter-an, tapi nggak tahu di Bogor hujan lagi atau nggak," lanjutnya.

Berdasarkan pantauan pukul 12.30 WIB, warga di dua RT itu tengah membersihkan rumahnya paska banjir. Dengan menggunakan peralatan kebersihan seadanya, warga mengeluarkan lumpur dan sampah yang turut serta dalam air luapan kali tersebut. Sementara, selain menyebabkan banjir di permukiman, luapan air tersebut juga menggenangi dua jalan, yaitu Jalan Raya Bogor yang mengarah ke Cililitan dan Jalan Raya Condet di kedua arah. Genangan tersebut sempat membuat lalu lintas macet sepanjang dua kilometer.

Berita terkait dapat diikuti di topik ; BANJIR 2012

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com