Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2.000 Siswa SMAN 70 dan SMAN 6 Ikuti Pelatihan ESQ

Kompas.com - 11/10/2012, 12:03 WIB
Ali Sobri

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Demi mencegah berulangnya tawuran antar-pelajar di kawasan Bulungan dan Mahakam, Jakarta Selatan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberikan pelatihan emotional and spiritual quotient (ESQ) tentang perdamaian kepada siswa SMA Negeri 6 dan SMA Negeri 70 Jakarta, Kamis (11/10/2012). Dalam sambutannya, Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Pendidikan Musliar Kasim menjelaskan, pelatihan ini sengaja diberikan kepada para siswa kedua sekolah tersebut untuk mengurai permasalahan pendidikan yang terjadi belakangan ini.

"Dalam jangka pendek, permasalahan pendidikan karakter, dan penataan kurikulum negeri ini perlu diperbaiki. Pak Ary Ginanjar peduli itu sehingga ia menawarkan program ESQ ini. Kami tidak punya dana, tetapi dengan baiknya beliau (Ginanjar) siap memberikannya secara gratis untuk para siswa SMA 6 dan 70," ungkap Musliar di Gedung Granada, Menara 165, Jakarta Selatan, Kamis (11/10/2012).

Mantan Rektor Universitas Andalas ini menargetkan, pelatihan ESQ yang diikuti 2.000 siswa ini mampu menggugah kesadaran siswa agar muncul adanya rasa penyesalan. Dengan demikian, di kemudian hari, aksi tawuran antar-pelajar di kedua sekolah tersebut dapat ditekan secara bertahap dan tak akan terulang.

"Menyadarkan kembali bahwa semua siswa menyesal atas kejadian yang menimpa Alawy. Saya yakin, anak-anakku sekalian tidak ingin merasakan adanya kekerasan, tidak ingin dikeroyok oleh temannya. Kita menyesali itu," ujarnya.

Pelatihan ESQ akan berlangsung selama dua hari dari hari ini sampai besok. Tak hanya para siswa, pelatihan ini juga dihadiri kepala sekolah, guru, dan para alumnus kedua sekolah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com