Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Kenakalan" Kreatif Julian

Kompas.com - 14/10/2012, 13:00 WIB
Iwan Santosa

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Julian Sihombing fotografer senior Kompas dikenal ceplas-ceplos dalam berkomunikasi, namun jeli saat menangkap momen diabadikan dalam foto. Kenangan itu muncul ketika kabar Julian wafat di Singapura, Minggu dini hari (14/10/2012).

Julian selain jeli menangkap momen juga terkadang "nakal" dalam memotret. Salah satu ingatan akan "kenakalan" kreatif Julian adalah sebuah foto di Istana Kepresidenan yang sempat membuat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono geleng-geleng kepala.

Ketika itu, dalam sebuah foto Julian Sihombing yang diterbikan Kompas, terlihat sosok Presiden Yudhyono sedang berpidato. Ternyata di belakang Presiden terlihat lukisan gambar ukuran manusia dari Megawati Soekarnoputri, yang seolah berdiri sedang mengawasi pidato Presiden Yudhoyono.

Foto itu pun jadi omongan, karena terkesan seorang mantan Presiden RI melakukan supervisi terhadap Presiden RI yang baru. Itulah salah satu kejelian, sekaligus "kenakalan" seorang Julian, pekerja ekstra keras dan tak kenal lelah.

Tak akan terlupa malam-malam larut berdua begadang menggarap caption buku foto Julian, Split Second, Split Moment. Vaarwel Bang Julian tot better tijden... Sampe jumpa di waktu lebih baik Abang... (Iwan Santosa)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com