Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Siap Turun Kampung

Kompas.com - 15/10/2012, 05:09 WIB

Jakarta, Kompas - Gubernur DKI Jakarta terpilih, Joko Widodo, akan turun ke wilayah di Jakarta untuk mengetahui langsung kebutuhan masyarakat. Perjalanan mulai dilakukan pada Selasa (16/10) atau sehari setelah pelantikannya.

Pelantikan Jokowi-Basuki sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta hari ini rencananya dilakukan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi.

”Hari kedua (Selasa), baru saya jalan-jalan. Tujuannya ke mana, itu rahasia. Rencana tempat tujuan ada di kantong saya,” ucap Jokowi, sapaan akrab Joko Widodo, sambil tersenyum.

Jalan-jalan yang dimaksud Jokowi bukanlah perjalanan wisata, melainkan kunjungan kerja ke daerah-daerah di Jakarta. Jokowi menargetkan pembenahan pelayanan masyarakat sebagai prioritas awal kerjanya di Jakarta. Program kartu kesehatan dan kartu pintar segera diwujudkan.

Jokowi juga akan mempelajari seluruh permasalahan Jakarta. Dia berjanji tidak terjebak pada pembuatan rencana baru, tetapi langsung bertindak untuk mengatasi persoalan.

Sementara Basuki mengatakan, sebagai wakil gubernur pasangan Jokowi, dia akan mengumpulkan data, membuat resume dan sejumlah opsi dari suatu permasalahan. ”Namun, keputusan tetap di tangan gubernur. Saya juga akan melaksanakan keputusan gubernur,” tuturnya.

Serah terima

Dalam rangkaian acara seperti geladi resik hari Minggu kemarin, Jokowi-Basuki akan mengucapkan sumpah janji jabatan sebelum dilantik sebagai gubernur dan wakil gubernur. Keduanya menerima serah terima jabatan dari gubernur-wakil gubernur terdahulu, yakni Fauzi Bowo-Prijanto.

Polda Metro Jaya menurunkan aparat sebanyak 2.004 personel untuk mengamankan pelantikan Jokowi-Basuki.

”Jumlah personel yang diturunkan banyak sebab rencananya acara juga dimeriahkan sekitar 300 pedagang kaki lima (PKL) bersama gerobak dagangan,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Rikwanto.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com