Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendagri Puji Foke di Pelantikan Jokowi

Kompas.com - 15/10/2012, 12:29 WIB
Luthfie Febrianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi mengatakan, proses Pilkada DKI yang berjalan dengan baik dapat menjadi contoh bagi daerah lain di Republik Indonesia. Dia bahkan memuji sikap Fauzi Bowo yang langsung memberikan selamat kemenangan kepada Jokowi.

"Saya memuji tindakan Foke yang langsung mengucapkan selamat kepada Jokowi secara legawa. Begitu juga sikap Jokowi yang dengan rendah hati menerima ucapan tersebut," ujar Gamawan dalam pidato sambutannya pada acara pelantikan Jokowi-Basuki sebagai gubernur dan wakil gubernur DKI periode 2012-2017, Senin (15/10).

Selain itu, Gamawan juga menyebut proses Pilkada DKI yang berlangsung dua putaran sebagai contoh baik transformasi politik di Indonesia. Bila kondisi ini berlangsung di tingkat nasional, kualitas demokrasi di Indonesia disebutnya akan semakin baik.

Dalam pidatonya, Mendagri juga turut mengucapkan selamat kepada pasangan Jokowi-Basuki yang baru saja dilantik menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI yang baru. Mendagri berharap Jokowi-Basuki dapat menjalankan amanah dengan baik.

"Dengan dilantiknya Pak Jokowi dan Pak Basuki, saya berharap semua elemen masyarakat untuk menatap ke depan dan memikirkan masalah yang ada seperti, lalu lintas, kemacetan, dan banjir" katanya.

Mendagri juga mengajak Jokowi dan para gubernur terkait untuk menanggulangi permasalahan DKI. "Permasalahan yang ada di DKI tidak bisa diselesaikan oleh gubernur Jakarta sendirian. Harus ada kerjasama dari gubernur daerah terkait seperti gubernur Banten dan Jawa Barat," tuturnya.

Mendagri mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat, termasuk Fauzi Bowo-Prijanto dalam proses Pemilihan Gubernur DKI 2012.

"Kami ucapkan terima kasih kepada Pak Fauzi dan Pak Prijanto yang atas jasanyalah pemilihan gubernur bisa berjalan dengan lancar," katanya.

Mendagri juga turut mengapresiasi kerja keras Fauzi-Prijanto selama lima tahun memimpin Jakarta.

Sementara itu, Ketua DPRD DKI Jakarta Ferrial Sofyan juga turut mengapresiasi jalannya Pilkada DKI yang berlangsung aman dan damai.

"DPRD DKI mengucapkan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat DKI yang telah ikut serta dalam proses Pilkada DKI sehingga berlangsung dengan lancar," ucap Ferrial.

Ferrial juga mengatakan, pihaknya berterima kasih kepada Fauzi Bowo dan Prijanto atas jasanya memimpin DKI selama ini, meskipun diakuinya masih banyak program yang belum selesai dilaksanakan.

"Namun, kita tidak bisa menafikan keberhasilan yang telah dicapai oleh Pak Fauzi dan Pak Prijanto," katanya.

Berita terkait lain dapat diikuti di Topik: PELANTIKAN JOKOWI-BASUKI.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com