Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basuki: Kartu Sehat Segera Terealisasi

Kompas.com - 16/10/2012, 21:19 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, memastikan program kartu sehat nya bersama Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo akan segera terwujud untuk warga DKI Jakarta.

Bahkan, ia pun berani memasang target akhir tahun ini program kartu sehat akan segera terwujud. Dalam pertemuannya dengan beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) hari ini, Selasa, di ruang Bappeda, Balaikota DKI, Basuki juga membahas permasalahan kesehatan di Jakarta.

"Kita juga sedang mengkaji kesehatan dengan konsep yang Pak Jokowi katakan, malu jika Jakarta kualitasnya kalah dengan Solo. Jadi maunya beliau seluruh orang Jakarta ditanggung kesehatannya di puskesmas," kata pria yang akrab disapa Ahok di Balaikota DKI, Jakarta, Jakarta, Selasa, (16/10/2012).

Basuki mengatakan, Jokowi meminta kepadanya agar semua warga mendapat kartu sehat. "Beliau minta semua orang mendapat kartu sehat yang mau masuk kelas 3 dan tidak ada Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM). Jadi, tidak perlu curiga status orang itu kaya dia mampu, kalau kelas III penuh kita update ke kelas II," kata Basuki.

Sementara itu, ia mengatakan, saat ini Dinas Kesehatan DKI sedang menghitung termasuk pengelolaan distribusi kartu sehat tersebut. "Kita juga akan mengkaji dokter yang turun ke lapangan. Supaya orang miskin tidak buang biaya," kata Basuki.

Sementara itu, saat ditanyakan membutuhkan waktu berapa lama untuk merealisasikan kartu sehat itu, Basuki memiliki targer kurang dari akhir tahun 2012, kartu sehat itu sudah dapat terealisasi.

Sebelumnya, penerapan kartu jaminan kesehatan yang disebut kartu sehat ini sudah diterapkan oleh Jokowi di Solo. Warga yang tidak mampu tak perlu bersusah payah mengurus pengajuan Jaminan Kesehatan Masyarakat melalui RT/RW lagi agar bisa berobat gratis.

Warga tidak mampu didata dengan sistem yang ada pada pemerintahannya dan kartu sehat langsung didistribusikan pada yang berhak.

Selanjutnya, warga dapat memperoleh layanan kesehatan di rumah sakit daerah maupun rumah sakit swasta tanpa dipungut biaya.

Berita terkait lain dapat diikuti di Topik: PELANTIKAN JOKOWI-BASUKI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com