Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Koridor XII Transjakarta Selesai Desember

Kompas.com - 19/10/2012, 23:30 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Layanan Umum (BLU) Transjakarta memastikan bahwa koridor XII (Pluit-Tanjung Priok) rampung pada Desember 2012. Pada akhir tahun ini, warga DKI Jakarta dan sekitarnya mulai dapat menggunakan layanan Plut - Tanjung Priok ini.

"Insya Allah selesai pada Desember ini," kata Kepala BLU Transjakarta, M. Akbar, di Balaikota DKI, Jakarta, Jumat, (19/10/2012).

Sementara itu untuk pembangunannya, Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta mendapat wewenang untuk membangun jalur sepanjang 23,7 kilometer. Sementara itu, Dinas Perhubungan DKI Jakarta yang akan membangun 13 halte di sepanjang koridor tersebut.

Pembangunan koridor ini juga dibagi dalam beberapa paket dan segmen sesuai yang tercantum dalam APBD DKI 2012. Untuk pembangunan segmen I dan II Koridor XII, pemerintah daerah DKI Jakarta mengalokasikan anggaran masing-masing Rp 42 miliar.

Koridor XII ini nantinya akan beririsan dengan koridor IX (Pinang Ranti-Pluit), koridor I (Blok M-Kota), koridor V (Kampung Melayu-Ancol), dan koridor X (Tanjung Priok-Cililitan).

Berikut ini jalur yang akan dilalui koridor XII: Pluit Selatan, Pakin, Fatahilah, Jayakarta, SMPN 140, Simpang Boulevard Kelapa Gading, Mall Sunter, Danau Agung, Landas Pacu Timur, Mangga Dua ITC, Kalibesar Selatan, Gedong Panjang, dan Pekojan.

Selain itu, M. Akbar pada Jumat ini bertemu dengan Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama untuk memberikan buku yang berjudul 'Manajemen Transjakarta Busway'.

"Buku itu menjelaskan dapurnya Transjakarta lah. Ini untuk memberikan pemahaman kepada khalayak seperti apa sih busway itu dikelola. Juga di situ ada data segala macam," kata Akbar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com