Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Siap Bangun Gedung Pertunjukan Seni

Kompas.com - 21/10/2012, 21:56 WIB
Ichsan Suhendra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Setelah "ditagih" oleh musisi Indra Lesmana untuk membuat gedung pertunjukan, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau biasa disapa Jokowi menyatakan dukungannya untuk mewujudkan hal tersebut.

Indra menyinggung soal tidak adanya gedung pertunjukan yang memadai di Jakarta saat ia tampil di panggung JakJazz 2012, Minggu (21/10/2012) malam. Saat itu Jokowi turut hadir di tengah penonton untuk menyaksikan penampilan Indra secara langsung.

Kepada Gubernur, Indra menyatakan keinginannya agar Jokowi memberikan perhatian kepada pergelaran musik di Ibu Kota. "Semoga beberapa tahun lagi ada gedung konser yang asyik. Sekarang ada program (pembenahan permukiman) Bukit Duri, kan? Ya sudah, asyikin dulu yang di sana. Kita doakan saja. Selamat ya," kata Indra kepada Jokowi.

Menanggapi hal itu, Jokowi mengatakan bahwa rancangan gedung yang dimaksud itu sudah ada sejak era Presiden RI Soekarno. Rancangan itu tak kalah dari Opera House di Sydney, Australia.

"Memang di Jakarta sejak Bung Karno sudah ada rancangan Opera House yang tidak kalah besar dengan tetangga-tetangga kita, di Sydney, di Singapura," ujarnya kepada wartawan seusai menyaksikan penampilan Indra Lesmana dan kawan-kawan di Istora Senayan, Jakarta, Minggu.

Jokowi menambahkan, pembangunan gedung pertunjukan ini harus disertai infrastruktur dan fasilitas yang memadai. Untuk itu, ia masih mencari tempat untuk membangun gedung tersebut seraya mendorong agar kegiatan-kegiatan kesenian tetap diselenggarakan, seperti JakJazz kali ini.

"Karena tempat (lokasi) juga berpengaruh, kan, karena membutuhkan tempat yang besar. Yang penting ada kegiatan dulu, tapi memang harus dibangun. Dengan kekuatan musik-musik kita, seni tradisi bisa nanti diarahkan untuk tempat pertunjukan," kata penggemar musik beraliran cadas tersebut.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com