Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Heryawan dan Joko Widodo Akan Bahas Banjir

Kompas.com - 21/10/2012, 22:17 WIB
Ratih Prahesti Sudarsono

Penulis

SUKABUMI, KOMPAS.com — Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, selaku Ketua Badan Kerja Sama Pembangunan (BKSP) Jabodetabekjur, dijadwalkan bertemu sejumlah kepada daerah, termasuk Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, di Kota Bandung, Selasa (23/10/2012). Agenda strategis yang akan mereka bahas antara lain rumusan solusi dalam mengatasi banjir di Jakarta.

Heryawan mengungkapkan rencana pertemuan itu saat bersilahturahim dengan tokoh masyarakat dan tokoh agama di Kecamatan Kiara, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (21/10/2012).

"Semoga semua kepala daerah hadir. Sebab, mustahil masalah banjir di ibu kota negara sanggup diatasi sendiri oleh Pemprov DKI," kata Heryawan.

Kepala daerah yang dimaksud adalah kepala daerah DKI Jakarta, Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Depok, Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, Kota Cianjur, dan Kabupaten Cianjur.

BKSP Jabodetabekjur, kata Heryawan, menaruh perhatian besar pada masalah banjir di Jakarta. "Selain tentu saja tidak menampik ada persoalan besar lainnya, seperti arus penduduk, permukiman di perbatasan, lalu lintas kendaraan, transportasi penduduk, dan lapangan pekerjaan," katanya.

Menurut Heryawan, permasalahan di Jabodetabekjur sejatinya ditangani seseorang yang langsung ditunjuk oleh pemerintah pusat, dengan segala wewenang dan fungsinya, sebagai seorang "panglima" di kawasan tersebut. "Penting ditunjuk seseorang sebagai penanggung jawab agar pelaksanaan program bisa berjalan efektif," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com