Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1.556 Warga Kampung Pulo Dapat Banjir Kiriman

Kompas.com - 22/10/2012, 10:47 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Hujan deras yang mengguyur wilayah Puncak, Jawa Barat, Minggu malam, mengakibatkan volume air di Kali Ciliwung meningkat. Seperti biasa, daerah Kampung Pulo, Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur, pun tergenang luapan air kali tersebut.

Rojak (32), seorang warga mengatakan, semula air meluap, Senin (22/10/2012) sekitar pukul 03.00 WIB dini hari. Warga yang telah bersiap-siap mengungsikan barang-barangnya karena telah ada pemberitahuan sebelumnya pun hanya bisa pasrah saat air masuk dan kian tinggi.

"Tadi malam memang ada pemberitahuan kepada warga, Bendungan Katulampa sudah tinggi. Kami sih sudah biasa aja, langsung naikin motor sama barang-barang ke tempat tinggi," ujarnya saat ditemui Kompas.com di lokasi, Senin pagi.

Menurut Rojak, ketinggian air banjir kali ini bervariasi sesuai dengan jarak permukiman dengan kali. Bagi permukiman yang dekat dengan kali, ketinggian maksimal 2 meter. Sementara bagi permukiman yang berada lebih jauh dari kali, ketinggian air mencapai 120 centimeter.

Lurah Kampung Melayu, Bambang Pangestu mengungkapkan, berdasarkan data di lapangan, korban banjir kali ini sebanyak 562 Kepala Keluarga (KK) atau sekitar 1.556 jiwa. Jumlah tersebut merupakan bagian warga dari dua RW serta 34 RT di Kampung Pulo atau yang akrab disebut Kampung Banjir tersebut.

Berdasarkan pantauan, meski banjir melanda, tak ada warga yang mengungsi. Sebagian besar warga bertahan di lantai dua rumahnya. Aktivitas warga pun tampak tak terganggu. Untuk mereka yang hendak berangkat kerja, disediakan perahu karet di tepi gang untuk mengangkut para warga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com