Kompas.com - 22/10/2012, 16:59 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com — Hujan deras yang mengguyur wilayah Puncak, Jawa Barat, Minggu (21/10/2012) malam, mengakibatkan volume air di Kali Ciliwung meningkat. Daerah Kampung Pulo, Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur, pun tak luput dari genangan luapan air kali tersebut.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengatakan, persoalan banjir yang menjadi langganan Jakarta tidak mungkin dapat diselesaikan hanya dalam waktu satu sampai dua hari.

"Persoalan banjir ini tahapan yang panjang," kata Jokowi di Balaikota DKI, Jakarta, Senin (22/10/2012).

Jokowi berjanji akan segera mengunjungi lokasi banjir itu apabila dibutuhkan. "Kalau warga mau saya datangin, ya saya datang. Kalau masalah datang, ya saya akan datang," kata Jokowi.

Menurut Jokowi, langkah pertama yang harus dilakukan adalah penyelesaian kanal di Jakarta. "Kanalnya dirampungkan, yang di Cengkareng dirampungkan, sodetan-sodetan dikerjakan. Masih banyak sekali. Pengerukan-pengerukan juga kan semuanya berkejar-kejaran," kata Jokowi.

Terkait pengerukan, ia juga sudah menyampaikan kepada Dinas Pekerjaan Umum (PU).

"Ada selokan yang seharusnya 2 meter tapi sudah terisi sedimen 1,5 meter. Hampir di semua tempat begitu," kata Jokowi.

Sementara itu, langkah antisipasi yang akan dilakukan oleh pihak Dinas Pekerjaan Umum (PU) Pemerintah Provinsi DKI, antara lain, dengan menyosialisasikan warga bahwa akan ada kiriman banjir dari Bogor, Jawa Barat.

"Kalau di Depok sudah siaga, maka 8 jam kemudian masuk ke Kampung Melayu. Kita sudah ada warning dan akan mengabarkan masyarakat secepatnya. Mereka sudah terbiasa," kata Kepala Dinas PU DKI Ery Basworo.

Fokus selanjutnya, tutur Ery, yang akan dilakukan oleh Jokowi adalah merelokasi warga yang tinggal di bantaran Kali Ciliwung.

"Kalau sekarang, Pak Gubernur ingin mereka tinggal di tempat yang manusiawi," katanya.

Seperti yang diberitakan, korban banjir di Kampung Pulo ini sebanyak 562 Kepala Keluarga (KK) atau sekitar 1.556 jiwa. Jumlah tersebut merupakan bagian dari warga dua RW serta 34 RT di Kampung Pulo atau yang akrab disebut "Kampung Banjir" tersebut.

Berita terkait dapat diikuti di topik: 100 HARI JOKOWI-BASUKI.

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.