Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seorang TKI di Taiwan Tewas Tergencet Kapal

Kompas.com - 23/10/2012, 18:09 WIB
Kontributor Surakarta, M Wismabrata

Penulis

SRAGEN, KOMPAS.com - Seorang tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Desa Jenggrik, Kedawung, Sragen dikabarkan meninggal dalam sebuah kecelakaan kerja di Taiwan. Korban bernama Purnomo (32), diketahui bekerja di sebuah kapal.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Sragen, Tasripin menjelaskan, Purnomo meninggal setelah tergencet badan kapal saat memperbaiki kapal pada tanggal 18 Oktober 2012. "Berdasarkan berita acara yang diterima, Purnomo meninggal tercatat pada 18 Oktober 2012 karena kecelakaan kerja saat memperbaiki kapal. Tubuhnya tergencet badan kapal," katanya.

Dari berita acara yang diterima Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sragen, Purnomo sudah bekerja di sebuah pabrik Chi Siung Ship Building, Taiwan, sejak tahun 2011 melalui agensi tenaga kerja, South East Asia Human Resources Management.

Sementara itu, di rumah duka, tampak kerabat dan orangtua korban terpukul setelah mendengar kabar meninggalnya Purnomo. Pria yang baru bekerja di Taiwan selama 11 bulan tersbut juga menjadi tulang pungung keluarga.

Subardi, ayah korban, juga membenarkan bahwa Purnomo meninggal saat memperbaiki kapal. "Benar, anak saya meninggal saat memperbaiki kapal, badannya tergencet badan kapal," katanya.

Saat ini pihak keluarga sedang menunggu proses pemulangan jenazah Purnomo. Keluarga mendapatkan informasi bahwa jenazah akan dipulangkan sekitar tanggal 24 Oktober 2012, dan rencananya akan dimakamkan pada Kamis subuh di pemakaman desa. Almarhum meninggalkan seorang isteri yang juga bekerja sebagai TKI, dan seorang anak berusia tujuh tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com