Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buruh Konvoi Keliling Monas

Kompas.com - 24/10/2012, 11:06 WIB
Joe Leribun

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Sejumlah buruh yang akan berunjuk rasa di depan Balai Kota DKI Jakarta mulai memadati Jalan Medan Merdeka Selatan. Pantauan Kompas.com, saat ini para buruh bergerak menuju Patung Kuda samping Jalan Thamrin.

"Kami tunggu teman-teman di sana, setelah semuanya datang, kami akan beraksi bersama," kata seorang koordinator lapangan, Sumarno.

Beberapa rombongan buruh berkonvoi menggunakan sepeda motor dari arah Tugu Tani menuju Patung Kuda lalu mengelilingi Monas. "Hidup buruh," seru para buruh sambil melambaikan bendera oraganisasi buruhnya. Arus lalu lintas di Jalan Medan Merdeka Selatan pun mulai tersendat karena kehadiran para buruh dan banyaknya kendaraan yang diparkir di pinggir jalan, khususnya di depan Kantor Balai Kota DKI Jakarta. Aparat kepolisian dari Polrestro Jakarta Pusat tampak berjaga-jaga untuk mengamankan jalannya unjuk rasa.

Diberitakan sebelumnya, para buruh yang terhimpun dalam Forum Buruh DKI akan melakukan aksi massa pada Rabu (24/10/2012) pukul 10.00. Rencananya para buruh ini akan mendatangi Kantor Balai Kota DKI Jakarta. Para buruh kembali mendesak Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo agar menaikkan upah minimum regional (UMR) yang dinilai tidak seimbamg dengan pemenuhan kebutuhan hidup di Jakarta.

"Forum Buruh DKI akan melakukan aksi massa pada Rabu, 24 Oktober 2014, pukul 10.00, di Balai kota DKI Jakarta. Agenda: menolak upah murah. Menuntut Jokowi untuk menaikan upah minimum provinsi (UMP) DKI Jakarta per 1 Januari 2013. Aksi akan melibatkan 5.000 pekerja/buruh," demikian undangan yang disampaikan Koordinator Forum Buruh DKI Winarsono.

Untuk mengantisipasi terhambatnya arus lalu lintas di sekitar Balai Kota DKI Jakarta, Wakil Direktur Ditlantas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Wahyono mengimbau masyarakat DKI Jakarta untuk menghindari sejumlah daerah di sekitar Balai Kota. "Hendaknya masyarakat menghindari Balai Kota DKI (Jalan Medan Merdeka Selatan), Bundaran HI, Bundaran Air Mancur, Istana Negara di Jalan Medan Merdeka Utara di, DPR RI & Kemnakertrans di Jalan Gatot Subroto), Kedubes Jepang, Kedubes Korsel di Jalan MH Thamrin, PN Jakpus (Jalan Gajah Mada), Kemen Ekuin di Jalan Dr Wahidin, Kemkes di Jalan HR Rasuna Said, dan Kemnakertrans di Jalan Gatot Subroto," kata Wahyono dalam pesan singkatnya.

Berita terkait dapat diikuti di topik :

DEMO BURUH

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com