Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stadion Persija Akan Dibangun di Lahan Sengketa

Kompas.com - 24/10/2012, 14:55 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Terkait rencana Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo membuatkan stadion untuk Persija, Pemprov DKI Jakarta menyiapkan lokasi di bekas Taman BMW di Jakarta Utara. Namun, permasalahannya, tanah tersebut masih dalam status sengketa.

Tempat latihan Persija saat ini di Stadion Lebak Bulus, Jakarta Selatan, kelak tidak bisa digunakan lagi. Sebab, di sana akan dibangun depo mass rapid transit (MRT).

"Kemungkinan, stadion ini akan dibangun di atas lahan eks Taman BMW di Jakarta Utara. Hanya saja, kepastiannya menunggu adanya putusan dari pengadilan, mengingat status lahan tersebut sengketa," ungkap Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta (Disorda DKI Jakarta) Ratiyono di Balaikota DKI Jakarta, Rabu (24/10/2012).

Menurut Ratiyono, pembangunan stadion di eks Taman BMW ini akan dianggarkan dalam beberapa tahun anggaran atau multiyears.

"Tahap awalnya diperkirakan anggaran Rp 300 miliar dari total Rp 1,5 triliun. Jika masalah hukumnya selesai, maka akan segera dianggarkan di APBD lagi," ungkap Ratiyono.

Menurut Kepala Biro Hukum Pemprov DKI Jakarta Sri Rahayu, sengketa lahan eks Taman BMW sudah dimenangkan Pemprov DKI Jakarta di tingkat Pengadilan Tinggi DKI.

"Tapi, sejauh ini belum diketahui apakah pihak penggugat akan mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung (MA) atau tidak," ujarnya.

Sebelumnya, Jokowi memang ingin membangunkan stadion untuk klub sepak bola Jakarta, Persija, yang belum memiliki stadion sendiri. Jokowi ingin Persija seperti klub sepak bola di negara lain, yang memiliki stadion sendiri.

Berita terkait dapat diikuti di topik: 100 HARI JOKOWI-BASUKI.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com