Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Novi Sudah Bisa Kendalikan Suara-suara Gaib

Kompas.com - 24/10/2012, 16:07 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Proses perawatan Novi Amalia di Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO), Cibubur, Jakarta Timur, terus berlanjut. Pengemudi berbikini yang menabrak tujuh orang di Jakarta Barat tersebut diketahui telah bisa mengendalikan dirinya dari halusinasi dan ketergantungan obat-obatan terlarang.

"Kondisi pasien sudah bisa dikendalikan. Sudah tidak terlalu mengkhawatirkan lagi seperti yang sebelumnya," ujar Direktur Utama RSKO Dokter Laurentius Panggabean dalam konferensi persnya, Rabu (24/10/2012) siang.

Laurentius menjelaskan, Novi telah memasuki hari ke tujuh masa perawatannya di rumah sakit tersebut. Dokter yang terdiri dari berbagai bidang ilmu itu telah melakukan proses detoksifikasi. Hasilnya, selain lepas dari ketergantungan obat, wanita asal Medan, Sumatera Utara itu juga mulai bisa mengendalikan diri terhadap halusinasinya.

"Pasien juga bisa mengendalikan halusinasinya, suara-suara itu. Tugas rumah sakit sekarang kini menjaga pasien untuk tetap seperti ini," lanjut Laurentius.

Saat Novi masuk pertama kali di rumah sakit, menurut Laurentius, sikapnya terlihat canggung. Namun, semakin hari wanita yang membuat heboh masyarakat karena mengemudi dalam keadaan setengah telanjang itu sudah mulai bisa beradaptasi dengan lingkungan rumah sakit.

Kini, Novi dirawat di ruang RSKO bersama 200 pasien lainnya. Ia menempati ruangan dengan ukuran 6x4 meter persegi bersama satu pasien lainnya.

Di dalam ruangan itu, terdapat berbagai fasilitas, mulai dari kamar mandi hingga lemari es untuk memudahkan mendapatkan kebutuhannya.

Berita terkait dapat diikuti di topik: PENGEMUDI SEKSI TABRAK ORANG.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com