Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Per 1 November, Semua Puskesmas dan RSUD Kelas III Gratis

Kompas.com - 25/10/2012, 16:29 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Anggota Komisi E DPRD DKI Jakarta, Dwi Rio Sambodo, menyampaikan bahwa peluncuran Kartu Jakarta Sehat (KJS) akan dimulai pada 1 November 2012. Hal itu ditandai dengan digratiskannya semua puskesmas dan RSUD Kelas III untuk semua warga DKI Jakarta.

"Ada tahapannya, dan per 1 November akan di-launching dengan menggratiskan semua puskesmas serta RSUD kelas III," kata Rio saat ditemui Kompas.com seusai menghadiri rapat bersama Badan Anggaran DPRD, di Gedung DPRD DKI Jakarta, Kamis (25/10/2012).

Untuk pengelolaannya, KJS tetap berada di bawah kelola Unit Pelayanan Jaminan Kesehatan Daerah (UP Jamkesda) yang bekerja sama dengan Bank DKI sebagai pihak yang mengatur teknis pembayaran, dan PT Askes yang berperan dalam pemberian asuransinya.

Pada dasarnya KJS menjadi hak semua warga DKI Jakarta, dengan catatan bersedia berobat ke puskesmas atau menjalani rawat inap di RSUD Kelas III. Akan tetapi, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah memetakan jumlah warga yang akan memanfaatkan kartu tersebut. Angkanya 4,7 juta jiwa atau setara dengan 50 persen total warga Ibu Kota, atau jumlah warga DKI yang masuk dalam kategori ekonomi lemah. Eksekusi konkret pembagian KJS rencananya dimulai pada awal 2013.

"Semua warga pada prinsipnya dapat. Tapi kan nggak semuanya mau dirawat di kelas III," kata Rio.

Berita terkait dapat diikuti di topik:

100 HARI JOKOWI-BASUKI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com