Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Pilih Hari Baik Launching Kartu Sehat

Kompas.com - 25/10/2012, 18:21 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Warga Jakarta sudah tidak sabar mendapat Kartu Pintar dan Kartu Sehat yang dijanjikan Joko Widodo saat kampanye. Menurut Jokowi yang saat ini sudah menjadi Gubernur DKI Jakarta, Kartu Sehat akan dibagikan pada hari baik.

Hari baik yang dimaksud Jokowi adalah hari Pahlawan, yang jatuh pada 10 November 2012. Dia menyadari warga Jakarta sudah tidak sabar mendapatkan kartu tersebut.

"Pas hari Pahlawan lah baru kita launching kartu sehat dan kartu pintar, itu hari yang baik," kata Jokowi di Mabes Hankam di Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (25/10/2012).

Sebelumnya, Jokowi akan melaunching Kartu Sehatnya itu pada saat hari Sumpah Pemuda pada (28/10/2012).

"Tadinya mau pas Sumpah Pemuda, tapi waktunya kurang, jadi pas hari Pahlawan saja. Tapi enggak papa, yang penting kan itu dilakukan pada hari baik, masak kegiatan baik dilakukannya pada Sabtu kliwon," ujar Jokowi.

Kartu Sehat itu, kata Jokowi, dapat digunakan untuk melayani pasien cuci darah. Kartu ini juga sebagai jaminan kesehatan bagi masyarakat.

Untuk Kartu Sehat, beberapa waktu lalu Basuki sempat menyampaikan bahwa pembagiannya juga tak akan berbelit. Semua warga yang menerima pelayanan kesehatan di Puskesmas atau rumah sakit kelas tiga dapat memperoleh kartu tersebut di puskesmas atau sebagian lainnya akan langsung diserahkan oleh Jokowi.

Sementara Kartu Pintar rencananya akan dibagikan kepada seluruh siswa SMA/SMK pada 1 November 2012. Para siswa yang memiliki kartu ini berhak menerima Rp 240 ribu per bulan yang dapat digunakan untuk menutupi kebutuhan personal masing-masing siswa. Misalnya ongkos ke sekolah, pembelian buku tulis/cetak, seragam sekolah, dan lain sebagainya.

Berita terkait dapat diikuti di topik: 100 HARI JOKOWI-BASUKI.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com